Cara Menghubungkan Laptop ke Speaker Bluetooth Windows 10

Jika Anda memiliki sebuah perangkat speaker atau headset bluetooth tetapi tidak mengetahui cara untuk menghubungkannya ke laptop. Jangan khawatir, karena pada artikel kali ini kita akan membahas cara menghubungkan laptop ke speaker bluetooth Windows 10.

Penggunaan perangkat wireless seperti speaker atau headset bluetooth memiliki sisi kepraktisan tersendiri. Perangkat ini dinilai lebih praktis dan tidak ribet untuk digunakan. Akan tetapi, perangkat-perangkat tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Misalnya, kita menggunakan headset bluetooth saat bermain game. Kita dapat dengan leluasa bergerak tanpa perlu khawatir untuk tersangkut kabel. Begitupun dengan speaker bluetooth, kita dapat dengan bebas mengatur penempatannya sehingga dapat terlihat lebih rapi.

Kekurangan dari dua perangkat di atas adalah pada daya tahan penggunaannya. Speaker bluetooth tidak dapat digunakan sepanjang waktu. Kita masih harus melakukan pengisian daya ulang agar perangkat tersebut dapat digunakan kembali.

Terlepas dari kelebihan maupun kekuranganya, penggunaan perangkat bluetooth kembali ke preferensi masing-masing pengguna. Pada kali ini, kita hanya akan membahas bagaimana cara menghubungkan laptop ke speaker bluetooth Windows 10.

Cara Menghubungkan Laptop ke Speaker Bluetooth

Untuk dapat menghubungkan laptop Anda ke speaker bluetooth, Anda harus memahami bagaimana cara melakukannya. Berikut ini kami sajikan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghubungkan keduanya.

  • Masuk ke Menu Settings

Langkah pertama adalah menghidupkan bluetooth di Windows 10. Anda dapat melakukannya dengan memasuki Menu Settings. Anda dapat memasukinya melalui Menu Start dan klik ikon gear atau menggunakan kombinasi tombol Windows + i.

Setelah jendela Settings terbuka, pilih menu Devices.

  • Hidupkan Fitur Bluetooth Windows 10

Berikutnya, pilih tab Bluetooth & other devices yang ada pada bar di sebelah kiri. Lalu, hidupkan bluetooth dengan mengeklik tombol toggle on pada bagian Bluetooth.

  • Hidupkan speaker Bluetooth

Setelah selesai menghidupkan bluetooth di laptop, Anda juga harus menghidupkan speaker bluetooth yang ingin disambungkan ke laptop. Pastikan juga perangkat tersebut berada dalam mode discoverable.

Untuk melakukannya, Anda dapat membaca tutorial yang terdapat dalam buku manual.

  • Cari perangkat yang dapat menggunakan bluetooth

Kembali ke laptop Anda. Pada halaman Bluetooth, klik menu Add Bluetooth or other device. Sesaat kemudian, sebuah jendela baru akan muncul.

  • Pilih opsi bluetooth

Setelah jendela penambahan perangkat muncul, pilih opsi Bluetooth

  • Tunggu speaker bluetooth terdeteksi oleh Windows 10

Tunggu sesaat hingga speaker bluetooth Anda terdeteksi oleh Windows 10. Nama perangkat yang terdeteksi akan ditampilkan di layar laptop Anda.

  • Klik pada perangkat speaker yang akan dihubungkan
Baca Juga  Cara Membesarkan Volume Laptop ASUS yang Kecil

Jika nama perangkat speaker Anda sudah terlihat, klik nama perangkat tersebut sebanyak satu kali.

  • Klik Connect

Selanjutnya, klik tombol Connect.

  • Speaker Bluetooth siap untuk digunakan

Setelah speaker bluetooth berhasil dihubungkan ke laptop, Anda dapat langsung menggunakannya. Untuk mengatur volume dari speaker bluetooth, Anda dapat melakukannya dengan menekan ikon sound pada taskbar seperti biasa.

Anda juga dapat mengaturnya melalui perangkat speaker secara langsung.

Permasalahan dalam Menerapkan Cara Menghubungkan Laptop ke Speaker Bluetooth

Permasalahan yang sering terjadi ketika melakukan cara menghubungkan laptop ke speaker bluetooth adalah tidak terdeteksinya perangkat bluetooth yang akan dihubungkan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Pastikan fitur bluetooth sudah aktif di kedua perangkat

Tidak hanya aktif saja, pastikan juga bluetooth di kedua perangkat berada dalam mode discoverable. Pastikan juga speaker bluetooth dalam mode pairing. Anda dapat mengeceknya dengan membaca buku manual dari speaker bluetooth tersebut.

  • Cek instalasi driver bluetooth yang terdapat di Windows 10

Driver Bluetooth harus sudah terinstal di Windows 10 agar bluetooth dapat berfungsi dengan semestinya. Jika driver tidak terinstal, bisa dipastikan bluetooth tidak akan berguna. Begitupun ketika driver yang terinstal tidak kompatibel dengan perangkat keras laptop.

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memastikan bahwa driver bluetooth telah terinstal dan kompatibel dengan perangkat laptop Anda. Anda dapat mengeceknya pada menu Device Manager.

  • Gunakan Bluetooth Dongle

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan sebuah bluetooth dongle. Bluetooth Dongle ini adalah sebuah perangkat eksternal yang dapat digunakan di laptop.

Anda hanya mencolokkan perangkat ini ke port USB di laptop. Kemudian, Anda dapat langsung menggunakannya.

Jika dengan cara ini berhasil, Anda dapat menggunakan Bluetooth Dongle ini untuk menghubungkan speaker bluetooth ke laptop Anda.

 

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai cara menghubungkan laptop ke speaker bluetooth yang dapat Anda lakukan. Perlu diperhatikan juga bahwa speaker bluetooth ini juga memiliki baterai untuk menyimpan daya. Jadi, jangan lupa untuk diisi ulang kembali saat baterai hampir habis.

 

FYI : Bagi anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini, atau langsung menghubungi support.

 

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here