Cara menyambungkan WiFi ke laptop ASUS Paling Ampuh!

Cara menyambungkan WiFi ke laptop ASUS – Laptop modern termasuk ASUS tentunya kini semakin dibekali dengan berbagai teknologi canggih, salah satunya adapter WiFi.

Dengan adanya fitur WiFi, semua pengguna laptop semakin mudah dalam berselancar di dunia internet sehingga baik itu pekerjaan maupun tugas sekolah bisa diselesaikan secara efektif dan efisien.

WiFi pada laptop ASUS tidak melulu harus aktif, yaitu hanya ketika dibutuhkan saja. Saat tidak dibutuhkan, WiFi bisa dimatikan untuk menghemat baterai laptop. Anda tidak perlu menginstall aplikasi di laptop ASUS untuk menyambungkan WiFi.

Cara Menghubungkan WiFi ke Laptop ASUS

Menghubungkan WiFi ke laptop ASUS dapat dilakukan melalui berbagai cara, dari mulai melalui menu setting, keyboard, shortcut, taskbar, dan lainnya. Yuk, simak caranya di bawa ini:

Melalui Keyboard

Melalui Keyboard

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk menyambungkan WiFi adalah melalui keyboard. Caranya, tekanlah tombol keyboard laptop yang bergambar logo wifi. Icon ini dapat kamu temukan di barisan tombol fungsi seperti F1, F2, F3 dan seterusnya. Setelah menekannya, tunggu beberapa saat hingga pengaktifan WiFi selesai. Jika WiFi berhasil tersambung, keyboard dengan icon WiFi akan menyala. 

Melalui Action Center

Jika melalui keyboard tidak dapat tersambung, atau tidak terdapat tombol keyboard dengan icon WiFi, kamu dapat menggunakan tombol action center di bagian paling kanan Taskbar. Cara menyambungkan WiFi ke laptop ASUS melalui action center adalah klik tombol Network di Taskbar.

Setelah itu kamu tinggal ubah pengaturannya dari off menjadi on. Tunggu hingga muncul beberapa opsi jaringan. Jika sudah muncul, artinya WiFi kamu sudah aktif.

Melalui Windows Setting

Cara Mengubah Jam di Laptop ASUS Paling Praktis!

Windows Settings ini terkhusus untuk kamu pengguna laptop ASUS Windows 10 karena Windows Setting merupakan panel pengaturan yang hanya  terdapat pada Windows 10. Nah, melalui Windows Setting ini kamu dapat mengatur sambungan WiFi dengan:

Klik tombol Start, lalu klik Settings, setelah itu pilih menu Network and Internet, kemudian pilih tab WiFi dan Aktifkan WiFi. Jika tombolnya sudah berubah menjadi On artinya WiFi kamu sudah aktif kembali.

Melalui Windows Search

 

Cara selanjutnya untuk menyambungkan WiFi adalah melalui Windows Search, melalui fitur ini kamu dapat menemukan letak sambungan WiFi lalu mengatur dan menyambungkannya. Caranya, klik tombol Start atau Search Box.

Langkah selanjutnya ketikkan tulisan “WiFi”, setelah itu akan muncul berbagai opsi, pilih WiFi Settings. Kemudian aktifkan wifi. Setelah itu kamu hanya perlu memilih jaringan WiFi manakah yang ingin disambungkan.

Melalui Windows Mobility Center

Jika semua cara di atas masih belum berhasil menyambungkan Laptop ASUS kamu ke WiFi, cobalah dengan melalui Windows Mobility Center. Caranya untuk Windows 7, klik tombol Start di taskbar sebelah kiri lalu pilih opsi Control Panel.

Baca Juga  3 Cara Mengganti Tema Windows 10 Custom, Patut Dicoba

Sementara untuk Windows 8, sapukan kursor ke pojok kanan layar, pilih opsi Settings, lalu pilih Control Panel. Setelah masuk ke Control Panel, pilih opsi “Adjust commonly used mobility settings” yang ada di bawah kategori “Hardware and Sound”.

Selanjutnya akan muncul sebuah jendela yang berisi berbagai macam ikon seperti volume, display dan lainnya. Nah, pada bagian WiFi silahkan klik tombol “Turn wireless on”. Lalu lihat taskbar sebelah kanan, jika ada logo wireless berarti koneksi WiFi Anda sudah menyala.

Install Wireless Driver

Cara menyambungkan WiFi ke laptop ASUS yang terakhir adalah dengan menginstall wireless driver. Jika berbagai cara di atas belum juga dapat mengaktifkan WiFi, maka kemungkinan besar driver dari wireless adapternya belum diinstal. Untuk menginstalnya kamu hanya tinggal memasukan DVD Driver yang biasanya diberikan dalam paket penjualan laptop atau paket penjualan network adapternya.

Jika tidak ada, maka kamu dapat mengunduh driver tersebut di website vendor laptop atau wireless adapter. Selain itu, kamu juga dapat mencoba mencarinya secara otomatis dengan bantuan Windows. Caranya:

Buka Start Menu lalu pilih Control Panel, lalu pilih kategori “Hardware and Sound”, kemudian pilih opsi “Device Manager” yang ada di bawah kategori “Devices and Printers”. Carilah adapter wireless yang kamu gunakan, kemudian klik kanan, lalu pilih opsi “Update driver software”.

Setelah itu pada jendela yang muncul, pilih opsi “Search automatically …”. Kemudian tunggu beberapa saat hingga Windows menemukannya dan menginstalnya di komputer kamu. Setelah itu, coba lima cara sebelumnya di atas untuk mengaktifkan WiFi nya pada laptop ASUS kamu.

Penutup

Itulah cara menyambungkan WiFi ke laptop ASUS yang dapat kamu gunakan untuk menyambungkan jaringan WiFi ke laptop ASUS. Setelah kamu berhasil mengaktifkan WiFi, pastikan ada jaringan tersedia yang dapat tersambung ke laptop kamu sehingga kamu dapat berselancar di Internet.

Agar tidak terjadi error yang tidak diinginkan, pastikan juga Anda mematikan laptop ASUS dengan benar ya! Memeng untuk menjaga laptop kit agar berumur panjang kita perlu memperhatikan cara merawat laptop ASUS kita.

FYI : Bagi Anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, Anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here