5 Tips Cara Merawat Baterai Laptop ASUS Agar Awet

Pengetahuan tentang cara merawat baterai laptop ASUS agar awet dan tahan lama merupakan hal yang perlu diketahui oleh para pemilik laptop ASUS.

Baterai laptop sendiri merupakan komponen penting dalam sebuah laptop yang memungkinkan kita untuk menggunakan perangkat tanpa terhubung ke listrik. Namun, baterai juga merupakan komponen yang cepat rusak jika tidak diperhatikan dengan baik.

Di dalam artikel ini akan dibagikan tips cara merawat baterai laptop ASUS agar awet sehingga umur baterai dan laptop bisa lebih Panjang, serta tips men-charge baterai laptop ASUS secara singkat

cara merawat baterai laptop asus agar awet

Cara Merawat Baterai Laptop Asus Agar Awet

Charge Baterai Sesuai Petunjuk

Pertama, pastikan Anda selalu mengisi baterai laptop Anda sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh pabrik. Banyak baterai laptop yang rusak karena dikenakan overcharge atau overdischarge.

Sebaiknya Anda mengisi baterai laptop Anda selama 2-3 jam saat pertama kali mengisi, kemudian setelah itu Anda bisa mengisi baterai laptop Anda sesuai kebutuhan.

Jangan Diamkan Laptop Untuk Waktu Yang Lama

Kedua, hindari menyimpan baterai laptop Anda dalam kondisi terisi penuh atau kosong terlalu lama. Baterai laptop yang disimpan dalam kondisi terisi penuh atau kosong terlalu lama akan cepat rusak.

Sebaiknya Anda menyimpan baterai laptop Anda dalam kondisi 40-80% terisi.

Laptop yang sering dipakai juga bisa menjadikan laptop lebih awet karna terhindar dari debu maupun jamur yang menumpuk. Apalagi jika disimpan di tempat yang lembap.

Jangan Gunakan Laptop Sampai Terlalu Panas

Ketiga, hindari menggunakan laptop Anda dalam kondisi panas. Baterai laptop yang digunakan dalam kondisi panas akan cepat rusak.

Sebaiknya Anda menggunakan laptop Anda dalam kondisi suhu yang sejuk dan hindari menggunakan laptop Anda dalam kondisi panas seperti di luar ruangan atau di mobil.

Gunakan Aplikasi yang efisien daya

Keempat, hindari menggunakan aplikasi atau program yang memakan banyak daya. Aplikasi atau program yang memakan banyak daya akan menyebabkan baterai laptop Anda cepat habis.

Sebaiknya Anda menggunakan aplikasi atau program yang efisien dalam hal daya. Untungnya semakin tahun baik aplikasi maupun hardware laptop semakin dibuat efisien daya, selama aplikasi yang digunakan merupakan aplikasi resmi yang aman.

Baca Juga  Cara Mematikan Antivirus Windows 10 dengan Mudah dan Cepat

Gunakan Baterai Yang Masih Bagus

Cara merawat baterai laptop ASUS agar awet yang kelima, hindari menggunakan baterai laptop yang sudah rusak. Baterai laptop yang sudah rusak akan menyebabkan kerusakan pada laptop Anda.

Sebaiknya Anda menggantikan baterai laptop Anda jika sudah rusak. Ciri-ciri baterai yang rusak adalah cepat habis dayanya bahkan tetap harus disambungkan ke listrik walaupun baterai terisi.

Selain memperhatikan hal-hal di atas tentang cara merawat baterai laptop ASUS agar awet perlu juga diperhatikan tips charge baterai laptop ASUS anda. Ketika Anda ingin mengisi baterai laptop Anda, ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti agar proses pengisian baterai tetap aman.

Tips Men-charge Baterai Laptop ASUS

Gunakan Charger Yang Sesuai

Pastikan Anda menggunakan charger yang sesuai dengan laptop Anda. Beberapa laptop ASUS memiliki spesifikasi charger yang berbeda, sehingga Anda perlu menggunakan charger yang sesuai dengan laptop Anda untuk menghindari kerusakan pada baterai atau laptop Anda.

cara merawat baterai laptop asus agar awet

Isi Baterai Saat Laptop Tidak Digunakan

Kemudian cara merawat baterai laptop asus agar awet adalah jangan mengisi baterai laptop Anda saat laptop digunakan. Beberapa laptop akan menghentikan proses pengisian baterai saat laptop digunakan, sehingga Anda perlu menghentikan penggunaan laptop Anda saat ingin mengisi baterai.

Jangan Biarkan Baterai Sampai Nol Persen

Jangan lupa untuk tidak terlalu sering mengisi baterai laptop Anda dari nol hingga penuh. Terlalu sering mengisi baterai laptop dari nol hingga penuh akan menurunkan kapasitas baterai dalam jangka panjang.

cara merawat baterai laptop asus agar awet

Sebaiknya Anda mengisi baterai laptop Anda sesuai kebutuhan dan jangan sampai mengisi hingga 100% jika tidak dibutuhkan.

Penutup

Dengan mengikuti tips-tips diatas tentang cara merawat baterai laptop asus agar awet dan tahan lama, Anda dapat merawat baterai laptop ASUS Anda dengan aman dan memastikan bahwa baterai Anda akan tetap awet dan tahan lama.

Pastikan Anda selalu mengikuti petunjuk yang diberikan oleh pabrik dan menghindari tindakan yang dapat menyebabkan kerusakan pada baterai laptop Anda.

Untuk artikel lainnya silahkan jelajahi situs ini. Semoga Bermanfaat.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here