Cara Mereset Laptop ASUS Ke Settingan Pabrik Paling Mudah

Cara mereset laptop ASUS ke settingan pabrik – ASUS merupakan salah satu brand penyedia hardware maupun software terkenal. Selain menjadi penyedia software dan hardware, ASUS juga menjadi salah satu produk brand laptop paling laris. 

Melihat dari perkembangannya, ASUS sudah banyak sekali mengeluarkan berbagai jenis laptop yang sangat memukau. Mulai dari laptop untuk sehari-hari, kemudian untuk perjalanan bisnis hingga laptop yang khusus untuk bermain game. 

Aada berbagai masalah yang terjadi pada perangakat laptop, misal laptop yang mati dengan sendirinya, atau error yang lain, namun tenang, seharusnya masalah-masalah itu dapat diselesaikan.

Masalah Error Laptop

Cara Mengatasi Search Windows 10 Tidak Berfungsi Maksimal

Buat kamu yang sudah lama menggunakan laptop ASUS, pasti pernah mengalami masalah lag atau bug yang terjadi dalam laptopmu. Baik itu bisa terjadi karena faktor usia laptopmu atau karena kesalahan personal.

Hal ini kadang sering membuat jengkel karena masalah ini bisa datang kapan saja. Bisa terjadi saat kamu sedang mengerjakan tugas lalu terjadi bug dengan sistem atau yang lebih parah lagi laptop kamu mengalami force close secara tiba-tiba.

Hal-hal tersebut bisa sangat terjadi terhadap laptop ASUS mu. Namun kamu tidak perlu khawatir jika hal itu terjadi terhadap laptopmu. Kamu bisa mencoba dengan cara mereset laptop ASUS ke settingan pabrik.

Cara yang satu ini bisa terbilang sebagai salah satu cara menyelesaikan masalah-masalah yang umum terjadi terhadap laptop ASUSmu. Ada beberapa cara untuk melakukan cara tersebut. Kami akan menjelaskannya sebagai berikut. 

Cara Mereset Laptop ASUS Ke Settingan Pabrik

Cara Mereset Laptop ASUS Ke Settingan Pabrik

  1. Langkah yang pertama kamu harus membuka aplikasi Setting yang ada pada Windows 10/11 mu terlebih dahulu
  2. Kemudian pilih Update & Security yang ada pada halaman Setting
  3. Jika sudah masuk ke dalam Update & Security, pilih opsi Recovery
  4. Nanti akan muncul dua opsi, pilih yang Reset this PC. Kemudian tekan Get started untuk memulainya
  5. Jika sudah masuk, kamu akan diberikan tiga pilihan opsi dalam melakukan reset ini. Yang pertama ada Keep my file, opsi ini akan menghapus aplikasi dan setelan yang sudah ada akan tetapi data personalmu akan tetap tersimpan. 

Yang kedua ada Remove everything, opsi ini akan menghapus seluruh data baik itu setelan sebelumnya hingga data personalmu juga akan dihapus. Yang ketiga Restore factory setting, opsi ini akan menghapus semua data mulai setelan sebelumnya hingga data personal kemudian memulihkan sistem operasi sebelumnya atau setelan pabrik

  1. Karena kamu ingin mengembalikan ke setelan pabrik, maka pilih opsi yang Restore factory setting
  2. Pada langkah ini kamu bisa memilih opsi yang paling kamu butuhkan untuk laptopmu dalam penghapusan file. Kamu bisa pilih hapus dari drive (penyimpanan) tempat Windows diinstal atau hapus dari semua drive.
  3. Jika sudah memilih opsi penghapusan file, selanjutnya kamu akan diminta ingin sejauh mana proses penghapusan file berlangsung. Bisa pilih hanya hapus file yang mana opsi ini lebih cepat tapi kurang aman, pilih kalau kamu masih mau memakai laptop itu.
Baca Juga  Cara Meredupkan Layar Laptop ASUS dengan Cepat dan Simpel!

Atau pilih hapus file dan bersihkan drive , opsi ini akan memakan waktu lama, tapi akan lebih sulit bagi orang yang berusaha memulihkan data. Pilih ini jika kamu sudah tidak mau memakai laptop tersebut.

  1. Jika sudah pilih sesuai kebutuhan, kamu akan ditampilkan pilihan yang sudah kamu buat untuk memastikan proses yang kamu pilih sudah benar.
  2. Jika sudah yakin dengan pilihan yang kamu buat, maka langkah terakhir yaitu tinggal pilih Restore
  3. Dan selesai sudah tinggal menunggu hingga proses pengembalian ke setelan pabrik selesai

Itu tadi merupakan cara mereset laptop ASUS ke settingan pabrik yang bisa kamu aplikasikan di laptopmu. Jangan pernah mencoba melakukan reset pabrik jika laptopmu tidak mengalami kendala atau kerusakan yang serius.

Karena melakukan reset pabrik secara berkala dapat memperburuk kinerja hardware dan software yang ada. Dapat menimbulkan kerusakan ringan hingga permanen jika terlalu sering dilakukan. 

Lakukan cara ini jika kamu ingin memformat ulang hard drive atau menghapus data. Bisa juga untuk menginstal ulang sistem operasi karena kegagalan sistem. Atau hal yang paling sering dijumpai yaitu karena ingin menjual laptop ASUS.

Cara mereset laptop ASUS ke settingan pabrik hingga saat ini menjadi opsi terbaik jika kalian ingin melakukan hal itu semua. Namun ada beberapa catatan jika kamu menemui kendala saat menjalani proses di atas.

Jika kamu mengalami eror atau stuck saat melakukan proses restorasi pengaturan pabrik misal hanya 50% saja. Atau terjadi gagal recovery, maka saran kami untuk membawanya ke ASUS Service Center terdekat untuk segera diperbaiki.

Penutup

Demikian cara mereset laptop ASUS ke settingan pabrik yang semoga dapat membantu Anda. Namun apabila masih terjadi banyak masalah, dan masa garansimu masih (atau Anda cek garansi terlebih dahulu), segera klaim garansi tersebut.

FYI : Bagi Anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, Anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here