Cara Memperbaiki Speaker Laptop ASUS yang Suaranya Pecah

Speaker laptop merupakan salah satu komponen yang tidak jarang terjadi kerusakan. Terutama kerusakan pada suara. Biasanya suara yang keluar tiba-tiba menjadi sember. Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara memperbaiki speaker laptop ASUS yang suaranya pecah.

Speaker laptop adalah salah satu komponen yang memiliki peranan penting bagi pengguna. Pasalnya, kita tidak dapat menikmati hiburan dengan mendengarkan musik atau menonton video tanpa menggunakan komponen satu ini.

Oleh karenanya, akan sangat mengganggu bagi pengguna jika komponen ini mengeluarkan suara yang kurang bulat bahkan pecah. Pengalaman menikmati hiburan lewat laptop menjadi terlewatkan akibat ketidaknormalan ini.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara memperbaiki speaker laptop ASUS yang suaranya pecah.

Akan tetapi, sebelum membahas hal tersebut, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu faktor-faktor yang menjadi penyebab speaker laptop ASUS yang suaranya pecah.

Penyebab Suara Speaker Laptop Pecah

Cara Memperbaiki Speaker Laptop ASUS yang Suaranya Pecah

Pecahnya suara yang dikeluarkan oleh speaker laptop ASUS dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Apa saja faktor-faktor penyebabnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Speaker Jarang Dibersihkan

Salah satu faktor yang menyebabkan suara laptop yang dikeluarkan menjadi pecah adalah speaker yang jarang dibersihkan. Jika jarang dibersihkan, debu lama kelamaan akan menumpuk dan menutup lubang speaker.

Hal tersebut yang membuat suara dari speaker tidak dapat keluar dengan optimal. Bahkan suara yang dihasilkan juga akan pecah karena debu dapat menahan getaran dari membran speaker.

Penggunaan Volume yang Tinggi

Jika Anda sering menggunakan laptop dengan setting volume tinggi untuk waktu yang lama, sebaiknya hentikan. Karena jika laptop terus menerus disetel dengan volume tinggi, membran yang ada pada speaker dapat rusak dan membuat suara tidak lagi jernih.

Oleh karena itu, agar speaker menjadi lebih awet, sebaiknya set volume menjadi sedang-sedang saja. Jangan terlalu keras.

Terkena Benturan Keras

Benturan juga dapat menjadi faktor penyebab kerusakan komponen laptop, tak terkecuali speaker. Akan tetapi, benturan pada laptop juga bukan merupakan faktor penyebab secara pasti kerusakan sebuah komponen. 

Karena beberapa varian laptop ASUS juga telah dirancang untuk tahan dengan benturan. Walaupun seperti itu, tidak ada salahnya jika kita lebih berhati-hati dalam membawa laptop agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Cara Memperbaiki Speaker Laptop ASUS yang Suaranya Pecah 

Suara pecah yang dihasilkan oleh speaker laptop akan sangat mengganggu penggunanya. Jika Anda mengalami hal tersebut, berikut kami akan jelaskan beberapa cara memperbaiki speaker laptop ASUS yang suaranya pecah.

Baca Juga  Cara Backup Windows 10 dan Restore Data File dengan Mudah dan Lengkap

Mematikan Speaker yang Mengeluarkan Suara Pecah

Kasus yang sering terjadi pada speaker adalah rusaknya salah satu speaker yang terpasang di laptop. Perlu untuk diketahui, speaker laptop biasanya ada dua buah dan terpasang di bagian kiri kanan laptop.

Jika Anda merasakan hal yang sama seperti kasus di atas, Anda dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Nyalakan laptop ASUS Anda.
  2. Kemudian, klik kanan pada ikon speaker yang ada di bagian taskbar.
  3. Pada pop up menu, Anda pilih Open Volume Mixer.
  4. Lalu, pilih Device Speaker.
  5. Berikutnya, klik tab Level. Lalu, klik Balance.
  6. Anda dapat mematikan speaker yang bermasalah. Anda dapat mematikan speaker bagian kiri (L) atau bagian kanan (R).
  7. Klik OK apabila telah selesai.

Menggunakan Speaker Eksternal

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan speaker eksternal. Jika Anda memiliki sebuah speaker eksternal, Anda dapat menggunakannya untuk menggantikan speaker internal laptop sementara.

Mengapa dibilang sementara? Hal ini tentunya akan mengurangi fleksibilitas sebuah laptop. Bayangkan saja, jika Anda harus menggunakan speaker eksternal setiap kali Anda ingin memutar musik atau menonton video. Hal itu tentunya menjadi kurang praktis.

Mengganti Speaker Bawaan Laptop

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan adalah mengganti speaker laptop yang bermasalah dengan speaker yang baru. Jika Anda tidak memiliki pemahaman yang mendalam terkait komponen atau hardware laptop, kami sarankan Anda membawanya ke Service Center.

Pihak Service Center tentunya akan membantu Anda memperbaiki masalah yang terjadi pada speaker laptop Anda. Akan tetapi, Anda akan dikenakan biaya jika membawa laptop Anda ke Service Center karena Anda diharuskan membayar jasa service mereka.

Hal tersebut bisa diatasi dengan cara mengklaim garansi laptop jika masih ada dan kerusakan yang terjadi memang di cover oleh garansi tersebut.

Penutup

Bagi Anda yang mungkin memiliki pemahaman lebih terkait komponen laptop, Anda dapat mencoba memperbaiki speaker yang bermasalah dengan mandiri.

Jika speaker memang perlu diganti, Anda dapat membeli speaker tersebut di Service Center ASUS atau di pusat laptop. Kemudian, Anda dapat mengganti speaker yang lama dengan yang baru.

Cara memperbaiki speaker laptop ASUS secara mandiri tersebut dapat memangkas biaya yang harusnya digunakan untuk membayar jasa Service Center.

Demikian pembahasan mengenai cara memperbaiki speaker laptop ASUS yang suaranya pecah yang dapat Anda lakukan. Sekian dan semoga bermanfaat.

 

FYI : Bagi anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini, atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here