Cara Disable Driver Signature Windows 10, No Ribet

Keamanan perangkat Anda adalah prioritas, diantara berbagai cara, salah satu yang patut Anda coba adalah cara disable driver Signature Windows 10.

Tidak banyak yang tahu tentang satu fitur ini. Termasuk Anda mukin ada yang masing tentang driver signature. Atau bahkan tentang membatasinya atau ‘disable‘. Perlu Anda mencobanya.

Untuk menginstal software smartphone ataupun driver android apapun, Anda memang perlu terlebih dahulu melakukan disable driver signature agar terhindar dari kegagalan.

Mempercepat keamaan laptop atau PC memang terdapat berbagai cara, misalkan backup Windows, mengunci folder di Windows, dan termasuk disable driver Signature.

Sekilas Tentang Driver Signature

Cara Disable Driver Signature Windows 10, No Ribet

Driver signature merupakan sebutan untuk fitur keamanan yang berfungsi mengatur suatu instalasi software perangkat di komputer. Fitur ini mempunyai peran penting yaitu guna menjaga keamanan data dan informasi pribadi Anda.

Adanya fitur driver signature tersebut membuat Anda merasa aman bahwa driver software tersebut asli dan tidak diubah oleh pihak ketiga. Fitur ini sangat penting untuk melindungi laptop atau PC Anda dari serangan digital.

Dengan adanya fitur driver signature, sebuah fitur keamanan yang bertanggung jawab mengatur suatu instalasi software perangkat di komputer, Anda tidak bisa melakukan instalasi software smartphone Anda tanpa terlebih dahulu melakukan disable driver signature pada perangkat Anda.

Sebab, jika Anda belum melakukan disable driver signature dan nekat melakukan instalasi software smartphone maka Anda akan mendapati sebuah pesan “Windows cannot verify the digital signature for the drivers” atau peringatan sejenisnya. 

Oleh karena itu, sebelum Anda melakukan instalasi software smartphone pada perangkat Anda, maka mengetahui cara disable driver signature adalah hal yang penting. Berikut ini adalah cara disable driver signature Windows 10 terbaru. 

Disable Driver Signature Windows 10  dengan CMD

cmd

Cara yang pertama untuk disable signature pada Windows 10 adalah menggunakan Command Prompt melalui perintah khusus agar driver signature nonaktif. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Pertama, silakan bukan Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Selanjutnya ketik CMD pada bagian Open kemudian klik OK.
  3. Jika sudah, Anda akan dibawa ke halaman Command Prompt. 

Pada bagian ini silakan Anda Copy saja teks perintah berikut:

bcdedit.exe -set loadoptions ENABLE_INTEGRITY_CHECKS 

kemudian tekan Enter.

Disable Driver Signature Windows 10  dengan CMD

  1. Langkah berikutnya adalah input perintah bcdedit.exe -set TESTSIGNING OFF lalu tekan Enter.
  2. Jika sudah maka perangkat akan dimuat ulang (restart) untuk menerapkan perubahannya.
  3. Setelah perangkat kembali menyala, silakan Anda coba untuk melakukan instalasi software Smartphone Anda

CMD ini memang memiliki banyak sekali kegunaan, selain disbale driver signature, juga dapat digunakan untuk defrag disk Windows, dll.

Disable Driver Signature Windows 10 melalui Andvance Startup

Cara selanjutnya adalah dengan melalui Andvance Startup Settings. Yang perlu diperhatikan terlebih dahulu adalah Anda harus mengakses safe mode ketika Anda sudah login ke sistem operasi Windows 10. Berikut langkah-langkahnya :

    • Pertama, buka menu settings lalu tekan tombol Windows + I.
    • Kemudian silakan Anda masuk ke menu Update & Security.
    • Selanjutnya, pilih menu Recovery kemudian silahkan klik fitur Restart Now di bawah Advanced Startup.

driver signature windows setting

    • Jika sudah, klik opsi Troubleshoot lalu Advanced options.

Troubleshoot lalu Advanced options

    • Pilih Startup Settings lalu klik Restart pada bagian kanan bawah menu tersebut.

Startup Settings lalu klik Restart

    • Setelah itu sistem akan restart selama beberapa saat. Nah, nantinya akan muncul halaman baru yang berisi menu Startup Settings.
    • Selanjutnya tekan tombol 7 atau F7 untuk masuk ke mode Disable Driver Signature Enforcement.

tombol 7 atau F7 untuk masuk ke mode Disable Driver Signature Enforcement

    • Anda tinggal menunggu prosesnya sampai selesai.
    • Jika sudah, silakan Anda coba untuk melakukan instalasi software Smartphone Anda

Secara umum, cara  Disable Driver Signature Windows 10 atau Windows 8 pada dasarnya memiliki hampir kesamaan dengan cara disable driver signature pada Windows 7, perbedaannya hanya terletak pada tampilanya saja.

Jika sudah tahu cara disable driver signature dan sudah mempraktekannya ketika Anda akan melakukan instalasi software smartphone pada perangkat Anda, selanjutnya adalah Cara Enable Driver Signature Windows 10. 

Seperti yang kita tahu bahwa Driver signature adalah fitur keamanan yang berfungsi mengatur suatu instalasi software perangkat di komputer. Terkadang pengguna Windows 10 melakukan disable driver signature pada perangkatnya hanya manakala ada keperluan saja, seperti melakukan instalasi software smartphone.

 Ketika sudah selesai, maka Anda perlu melakukan enable driver signature pada perangkat Windows 10 Anda. Tak jauh beda dengan cara disable driver signature, berikut adalah cara enable driver signature Windows 10.

  • Langkah pertama adalah buka jendela Run dengan cara menekan tombol kombinasi Windows + R.
  • Kemudian ketikan CMD dan tekan Enter.
  • Jika sudah masuk ke halaman Command Prompt silakan Anda input perintah
bcdedit.exe -set loadoptions ENABLE_INTEGRITY_CHECKS kemudian Enter.
  • Setelah itu masukkan perintah :
bcdedit.exe -set TESTSIGNING OFF dan tekan Enter.
  • Restart perangkat Anda, dan setelah itu driver signature akan diaktifkan kembali.
  • Selesai.

Penutup

Nah, itulah cara disable driver signature Windows 10 no ribet terbaru. Tidak banyak cara yang bisa dilakukan untuk disable driver signature.

Sejauh ini  hanya menggunakan Command Prompt dan melalui Startup Advance yang diakses ketika dalam safe mode Windows. Semoga  cara diatas dapat membantu Anda dalam mengatasi device signature pada komputer Anda.

Namun jika Anda membutuhkan keamaan ekstra untuk perangkat Anda, rekomendasi untukmu adalah mem-backup Windows. Dengan begitu data Anda akan kembali jika terjadi sesuatu yang tidak Anda inginkan.

FYI : Bagi anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

× Hubungi Kami