Cara Mengganti VGA Laptop ASUS yang Rusak atau Error

Meski kamu tidak tahu cara mengganti VGA laptop, kamu pasti tidak asing dengan istilah VGA dalam laptop. VGA atau Video Graphic Adapter memiliki fungsi yang cukup penting untuk kinerja laptop. VGA merupakan komponen grafis pada Laptop. 

Fungsi vital dari VGA laptop adalah untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. VGA berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor untuk menggambar ataupun bermain game. Dengan kata lain, VGA memiliki peran penting terhadap kualitas grafis yang ditampilkan. 

VGA sendiri dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu VGA tanam (on board) dan VGA eksternal atau VGA pisah. VGA internal atau VGA tanam (non board) tidak diperuntukkan untuk penggunaan gaming ataupun desain grafis, dan tidak bisa di-upgrade. Keunggulan dari VGA jenis ini adalah lebih murah dan lebih mudah dalam perawatan.

Sedangkan VGA eksternal adalah VGA card yang cocok digunakan untuk bermain game atau desain grafis karena memiliki kemampuan jauh lebih baik dibanding VGA on board. Namun harganya lebih mahal daripada VGA on board dan tidak semua komputer mendukung VGA jenis ini. 

Beberapa contoh VGA eksternal dengan kualitas terbaik adalah, NVIDIA GeForce GT 1030 2GB, AMD Radeon RX 560, dan NVIDIA GeForce GTX 1080 Ti. Selain dibedakan berdasarkan letak pemasangan, VGA juga diklasifikasikan berdasarkan memorinya. 

Berdasarkan memori, VGA diklasifikasikan ke dalam lima jenis. Pertama, DRAM (Dynamic RAM), yang ditujukan untuk komputer tingkat entry level. Di mana laptop tersebut tidak memerlukan kecepatan tinggi dan warna yang banyak. 

Kedua, EDO RAM yang banyak ditemui pada kartu grafik 64 bit.Ketiga,  VRAM (Video RAM) yang ditujukan untuk komputer kelas atas, seperti pada laptop yang dikhususkan untuk desain grafis. Keempat, ada SGRAM (Synchronous Graphic RAM) yang banyak digunakan pada kartu grafik kelas tinggi yang mempunyai kemampuan 3D accelerator. 

Dan yang kelima adalah RAMBUS, di mana memori yang digunakan ini ada pada mesin-mesin game. Namun komputer yang menggunakan VGA RAMBUS jumlahnya masih sedikit.

Ciri – Ciri VGA Rusak

VGA perlu mengalami pembaruan atau bahkan harus diganti jika mengalami kerusakan. Nah, sebelum mengetaui cara mengganti VGA laptop ASUS, alangkah baiknya kamu mengetahui apa saja ciri saat VGA mengalami kerusakan:

  • Gambar di layar laptop patah-patah
  • Muncul bercak warna pada layar laptop
  • Muncul garis atau gambar bertekstur
  • Display driver sering stopped working
  • Layar sering kedip-kedip
  • Laptop sering macet
  • Layar laptop sering mati sendiri
  • Warna layar laptop berubah jadi kurang cerah
Baca Juga  Cara Mereset Laptop ASUS Ke Settingan Pabrik Paling Mudah

Itulah ciri-ciri saat VGA mengalami kerusakan. Jika laptop kamu mengalami satu atau banyak kondisi di atas, maka itu tandanya VGA laptop ASUS kamu rusak dan kamu perlu menggantinya sebelum kerusakan tersebut semakin masif dan merambat ke perangkat lainnya dalam laptop.

Cara Mengganti VGA Laptop ASUS

Untuk memperbaiki VGA, kamu perlu mengganti VGA internal laptop ASUS kamu. Mengganti VGA laptop internal pada dasarnya tidak dapat kamu lakukan sendiri tanpa bantuan profesional dan alat yang memadai.

Jika kamu cukup terbiasa dengan mengotak-atik bagian dalam laptop, gantilah VGA internal kamu dengan tipe yang sama atau lebih tinggi yang masih cocok dengan spesifikasi laptop kamu. Jika tidak, kamu dapat membawa laptop kamu ke service.

Selain dengan mengganti VGA internal, kamu juga dapat menambahkan VGA eksternal untuk laptop kamu. Menambah VGA eksternal memungkinkan laptop kamu menampilkan kualitas grafis yang lebih bagus, apalagi jika VGA eksternal yang kamu pasang berkualitas tinggi.

Ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk menambah VGA eksternal. Sebelum itu, pastikan kamu sudah menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memasang VGA eksternal. 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah cek bios.  Cek pengaturan BIOS dan fokus pada settingan “PXE Boot to LAN”, pastikan dalam posisi disable jika proses Upgrade VGA laptop ini dilakukan pada laptop yang memiliki fitur ini.

 

Langkah selanjutnya cek type soket wifi, caranya buka penutup belakang Laptop dan temukan posisi dari WIFI card nya, kemudian cabut WIFI card dari posisi nya untuk kita gantikan dengan konektor yg terdapat pada paket pembelian docking eGPU

Langkah ketiga adalah memulai pemasangan VGA eksternal. Pasang VGA Card pada docking  dan Sambungkan semua kabel kabel, seperti kabel power suply, kabel ke monitor dan juga kabel PCI-E to HDMI yang tadi dipasangkan ke dalam soket WIFI Laptop.

Langkah terakhir tes VGA. Masuk ke bagian device manager kemudian cek apakah VGA yang baru saja dipasang terbaca pada system, jika terbaca dan ada tanda tanya kuning itu menandakan perlu dilakukan update driver VGA nya, silakan download sesuai dengan type VGA yang digunakan.

Penutup

Itulah cara mengganti VGA laptop ASUS yang dapat kamu lakukan baik dengan mengantarkannya ke service profesional atau melakukannya sendiri dengan menambahkan VGA eksternal. Selamat mencoba!

FYI : Bagi anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini, atau langsung menghubungi support.

 

 

Artikel Terbaru

8 Cara Keluar Dari BIOS Utility ASUS Yang Masuk Terus

BIOS memiliki perang penting dalam sistem komputer atau laptop...

Cara Refresh Laptop Asus Agar Tidak Ngelag

Jika laptopmu ASUS mu tiba-tiba alami lag parah, kamu...

Cara Mengganti VGA di Laptop ASUS, Bisa atau Tidak?

Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara mengganti VGA...

Penting, Cara Mengatasi Boot Loop Laptop ASUS

Apakah laptop ASUS kamu tiba-tiba tidak bisa masuk sistem?...

Syarat Dan Cara Klaim Garansi Laptop ASUS

Sebagai pengguna laptop ASUS, hendaknya mengetahui syarat dan cara...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

× Hubungi Kami