Cara Sharing Printer Windows 10, Awas Keliru

 

Bagi Anda yang memiliki banyak pekerjaan kantor pasti kewalahan saat banyak file harus di cetak dari beragam komputer namun hanya punya satu printer. Melalui perangkat windows 10 Anda bisa mengetahui cara sharing printer windows 10. 

 

Dengan mengetahui cara sharing printer windows 10, akan lebih dapat membantu meringankan pekerjaan baik perkantoran maupun dalam usaha warnet. 

Namun sebelum mengetahui cara sharing printer windows 10  Anda harus mengerti dulu apa itu sharing printer dan beberapa hal penting lainnya. 

 

Pengertian Sharing Printer 

 

Anda pasti tak asing dengan kata sharing yang mana secara bahasa memiliki arti berbagi. Sedangkan printer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mencetak, men-scan ataupun meng-copy berbagai dokumen. 

 

Dalam bahasa sederhananya sharing printer adalah alat untuk berbagi printer. 

 

Sedangkan secara istilah Sharing printer adalah sebuah proses menghubungkan beberapa jenis PC pada satu printer yang berguna bagi keperluan printer dan pekerjaan lainnya. 

 

Pada sharing printer ada beberapa sistem operasi yang digunakan diantaranya linux, macos, dan juga windows.

 

Syarat dari sharing printer hanya membuat Anda membutuhkan jaringan yang terhubung pada satu koneksi yang sama.

 

Saat kita melakukan sharing printer, Anda akan dapat melakukan cetak dokumen dengan lebih dari 1 komputer. 

 

Maksudnya Anda tetap akan bisa melakukan proses percetakan walaupun dengan komputer yang tidak terpasang langsung dengan komputer.

 

Saat Anda mensharing komputer proses printer akan dapat dibagi ke lebih dari 1 komputer yang akan membuat pekerjaan lebih efisien dan cepat. 

 

Dengan menggunakan sharing printer, akan lebih menghemat ruangan karena cukup dengan mesin printer Anda sudah dapat melakukan proses print. 

 

Jika masih satu jaringan printer sharing akan menghubungkan  komputer satu ke yang lainnya dan ini akan membuat pekerjaan lebih mudah.

 

Selain menghemat waktu karena proses printer menjadi lebih mudah, Anda juga akan menghemat biaya pengeluaran karena cukup dari 1 printer tanpa harus membeli atau menambah printer lagi Anda sudah dapat mencetak dokumen yang berasal lebih dari 1 komputer. 

 

Kekurangan dari Sharing Printer 

Meski memiliki banyak kelebihan, proses sharing printer juga punya beberapa kelemahan diantaranya :

  • Harus Menggunakan Printer Kualitas Bagus

Ketika berbagai macam beban tertumpu pada kita, maka kita harus dalam kondisi yang prima dan siap memikul beban tersebut begitu juga yang terjadi saat kita melakukan sharing printer. 

 

Syarat utama adalah menggunakan printer yang berkualitas, karena dari beban menanggung berbagai koneksi komputer yang lebih dari satu, akan membuat printer banyak melakukan proses print.

Baca Juga  2 Cara Melepas Baterai Laptop ASUS Yang Baik Dan Aman

 

Untuk meminimalisir kerusakan haruslah Anda menggunakan printer dengan kualitas bagus. Agar saat banyak pekerjaan dibebankan kepada printer dalam proses sharing print, printer Anda tidak mandek atau bermasalah.

  • Komputer Harus Tetap Menyala

Proses sharing printer tidak hanya memakan beban pada printer. Namun juga berlaku bagi komputer Anda. Harus ada komputer yang terus terjaga dan menyala agar  bisa melakukan sharing printer dengan aman. 

 

Ini dengan syarat apabila printer Anda tidak mempunyai port LAN. Namun jangan khawatir bagi yang sudah mempunyai port LAN pada perangkat komputernya tidak harus lagi harus membuat komputer tetap menyala tiap saat dan akan lebih memudahkan pekerjaan Anda

  • Jaringan Komputer dalam Kondisi Stabil

 

Saat melakukan sharing komputer jaringan internet Anda harus berada pada kondisi maksimal. Karena membutuhkan jaringan yang bagus. Agar proses sharing bisa berjalan lancar dan tidak tersendat-sendat hanya karena jaringan yang bermasalah.

 

Cara Sharing Printer Windows 10

Berikut cara simple untuk sharing printer pada laptop windows 10 yang harus Anda ketahui:

 

  • akses menu settings yang ada di laptop Anda. Kemudian pilih menu devices
  • pilih menu ‘’printer & scanners’’ lalu pilih printer mana yang ingin di sharing, kemudian Anda pilih ‘’manage’’.
  • centang kalimat yang bertuliskan ‘’share this printer’’ setelah itu lihatlah pada kolom ‘’share name’’ Anda bisa menentukan nama maupun menentukan deskripsi baru printer yang akan dibagikan. 
  • klik tombol ‘’Apply’’ lalu klik tulisan ‘’OK’ kemudian printer Anda telah bisa disambungkan bersama komputer maupun laptop lainnya. Sekarang laptop siap di operasikan bersama printer.

 

Penutup

Sekarang Anda sudah paham dengan berbagai seluk beluk mengenai cara sharing printer, kekurangan dan kelebihan dari menggunakan sharing printer. Tentunya ini sangat berguna apabila nantinya ingin melakukan sharing printer pada perangkat komputer.

 

Anda juga sudah paham cara sharing printer windows 10,  yang akan memudahkan setiap komputer yang memakai windows versi 10 melakukan proses sharing printer. 

 

Tapi sebelum itu pastikan sudah memahami kiat-kiat dan langkah dalam sharing printer dengan baik agar printer yang akan di sharing pada prakteknya akan menemukan keberhasilan.

FYI : Bagi anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini, atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here