Cara Kunci Folder di Windows 10 dengan Password, Amankan File Anda!

Keamanan suatu data merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang. Apalagi data-data tersebut bersifat pribadi dan tidak boleh diakses oleh sembarang orang. Oleh karena itu, pengetahuan akan cara kunci folder di Windows 10 menjadi sangat penting.

Keamanan file Anda adalah prioritas. Jika Anda bertanya apakah folder bisa di password, jawabannya tentu bisa. Anda dapat melakukan beberapa cara kunci folder di Wiondows 10.

 

Manfaat dari mengunci folder di Windows 10 ini adalah meminimalisir risiko terjadinya pencurian data. Ada banyak sekali sebab file dapat dicuri, sehingga mengapa Anda tidak mencoba mengunci file Anda semenjak sekarang?

 

Perhatikan juga bahwa untuk mengunci folder, Anda perlu tahu cara membuat folder di Windows 10. Ada beberapa cara kunci folder dapat Anda terapkan. Untuk mengetahuinya, silakan Anda simak penjelasan di bawah ini.

 

Cara Mengunci Folder di Windows 10

 

Cara kunci folder dapat Anda lakukan tanpa menggunakan aplikasi atau software pihak ketiga. Cara mengunci folder ini agak sedikit ribet dan terbilang rumit untuk pengguna yang tidak terlalu paham dengan software komputer.

 

Cara ini menggunakan proses penguncian dengan password dan juga penyembunyian folder yang telah dipasangi password. Pastikan Anda mengetahui cara copy paste di Windows 10. Jika Anda ingin mencobanya, berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

 

  • Yang pertama, Anda buka software text editor. Software text editor memiliki banyak macam. Untuk mempermudah, Anda dapat gunakan software text editor bawaan Windows, yaitu Notepad.
  • Jika Notepad sudah terbuka, Anda salin dan tempel kode di bawah ini.
cls
@ECHO OFF
title Kunci Folder
if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Apakah Anda yakin untuk mengunci folder ini? (Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Pilihan yang tidak tepat.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Locker "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
echo Folder berhasil dikunci
goto End
:UNLOCK
echo Masukkan password untuk membuka kunci folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%==PASSWORD goto FAIL
attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Locker
echo Folder sukses untuk dibuka.
goto End
:FAIL
echo Password salah.
goto end
:MDLOCKER
md Locker
echo Pengunci folder sukses dibuat
goto End
:End
  • Pastikan semua kode di atas tersalin ke dalam text editor. Ganti kata PASSWORD pada kode di baris ke-24 di atas (bagian if NOT %pass%==PASSWORD goto FAIL) dengan password yang akan Anda gunakan untuk mengunci folder.
Baca Juga  Cara menyambungkan WiFi ke laptop ASUS Paling Ampuh!
  • Kemudian, simpan file tersebut dengan mengklik File > Simpan sebagai. Ganti jenis file di kotak Simpan sebagai jenis: menjadi Semua berkas (“.”). Setelah itu, Anda beri nama file tersebut dengan diikuti .bat setelah nama file. Contohnya Folder Pribadi.bat.
  • Simpan file tersebut ke dalam folder yang akan Anda kunci. Kemudian, klik Simpan.
  • Cari file .bat yang telah Anda simpan tadi lalu jalankan.
  • Setelah berhasil dijalankan, akan muncul folder bernama Locker secara otomatis. Folder ini yang akan Anda gunakan sebagai sebuah brankas untuk file-file penting Anda.
  • Masukkan semua folder dan file yang dirasa penting dan ingin Anda amankan ke dalam folder Locker tersebut. Setelah selesai, jalankan kembali file .bat tadi.
  • Kemudian sebuah jendela akan muncul dengan tulisan “Apakah Anda yakin untuk mengunci folder ini? (Y/N)”. Lalu, ketik Y pada jendela tersebut dan tekan Enter pada keyboard Anda.
  • Jika sudah selesai, folder Locker tadi akan otomatis tersembunyi dan tidak dapat diakses.
  • Untuk mengakses folder Locker ini, jalankan file .bat yang telah Anda buat tadi kemudian masukkan password yang telah diset di awal. Setelah itu, tekan Enter.

 

Perlu diketahui, cara kunci folder di laptop Windows 10 di atas memiliki beberapa kekurangan. Pengguna lain yang tahu cara kunci folder di laptop Windows 10 di atas dapat dengan bebas mengedit file .bat yang Anda simpan.

 

Risiko jika file .bat tersebut diedit, maka file yang telah tersembunyi tadi tidak dapat dikembalikan lagi. Solusi dari masalah tersebut, Anda harus membuat file .bat dengan kode yang sama dan nama file yang sama persis.

 

Risiko lain jika ada yang mengedit file .bat tersebut adalah password yang telah diset di awal dapat diubah. Hal tersebut dapat membuat file Anda terekspos dan diakses oleh orang yang mengerti cara kunci folder di Windows 10 ini.

 

Penutup

Seabagai penutup, demikian cara kunci folder di Windows 10 yang sedikit berbeda jika dibandingkan semua windows. Dan tentu saja Windows 10 ini akan semakin optimal jika menggunakan produk-produk ASUS kesayangan kita, buktikan sendiri!

Sebagai tambahan, pastikan juga apakah windows yang ada di laptop Anda original atau palsu, yaitu dengan memahami cara cek windows 10 ori.

Artikel Terbaru

Cara Install Laptop ASUS Pakai Flashdisk

Cara Install Laptop ASUS - Melakukan proses instalasi Windows...

Cara Setting LAN Windows 10 Terlengkap

Berikut akan kami bahas cara setting LAN Windows 10...

Cara Menghilangkan Password di Windows 10 Sangat Mudah!

Pada kesempatan kali ini, kita secara khusus akan membahas...

Cara Menghilangkan Lock Screen Windows 10 dengan Mudah

Dikarenakan update Windows 10 yang menjadikan kita tidak dapat...

Cara Menghidupkan Laptop ASUS yang Mati Paling Mudah

Apabila laptop Anda mati, atau tiba-tiba mati, mungkin ada...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

× Hubungi Kami