Cara Memasukkan CD ke Laptop ASUS yang Tidak Disertai Slot DVD Drive

Bisa dibilang CD atau DVD sudah terbilang kuno, karena pesatnya perkembangan teknologi, khususnya di sektor laptop. Namun bukan berarti sudah hilang, bahkan masih ada yang ingin mengetahui cara memasukkan CD ke laptop ASUS dengan tidak sertai DVD Drive.

Berbicara penyimpanan seperti harddisk, CD sebenarnya memiliki fungsi yang sama. Sudah banyak juga sekarang yang berpindah dan memasang SSD laptop. Namun untuk beberapa kebutuhan, CD maupun DVD memiliki keunggulannya.

Jika Anda adalah pengguna laptop ASUS keluaran terbaru dan ingin menggunakan CD/DVD di laptop, Anda dapat menyimak artikel ini sampai selesai.

Sekilas Tentang CD atau DVD

Sekilas Tentang CD atau DVD

CD/DVD merupakan salah satu media penyimpanan portabel yang menggunakan teknologi laser untuk membaca informasi di dalamnya. Media penyimpanan satu ini dulunya pernah booming dan banyak digunakan.

Namun, CD/DVD ini mulai ditinggalkan sekarang. Pasalnya, banyak media penyimpanan portabel lain yang lebih praktis untuk digunakan seperti flashdisk dan ssd/hdd eksternal. Selain itu, teknologi cloud storage seperti google drive juga mulai banyak digunakan.

Hal tersebut juga berpengaruh terhadap produksi laptop. Para produsen laptop, yang dulunya, masih menyematkan slot DVD Drive, sudah banyak menghilangkannya. Hal ini menyebabkan pengguna kehilangan satu opsi untuk menggunakan CD/DVD di laptop mereka.

ASUS juga merupakan salah satu brand yang menghilangkan slot DVD Drive ini pada laptop keluaran terbarunya. Jika Anda adalah pengguna laptop ASUS keluaran terbaru dan ingin menggunakan CD/DVD di laptop, Anda dapat menyimak artikel ini sampai selesai.

Cara Memasukkan CD ke Laptop ASUS

Cara Memasukkan CD ke Laptop ASUS

 

Pada laptop keluaran lama, ASUS masih menyediakan slot DVD Drive. Kita akan membahas bagaimana cara memasukkan cd ke laptop ASUS yang masih memiliki slot DVD Drive ini terlebih dahulu.

Jika Anda merupakan pengguna laptop lama ASUS, Anda dapat mengikuti langkah-langkah untuk memasukkan CD/DVD di bawah ini.

  1. Langkah Pertama, Anda harus mengeluarkan slot CD/DVD. Langkah ini dapat Anda lakukan dengan dua cara, yaitu:
    1. Tekan tombol fisik yang ada pada slot CD/DVD
    2. Buka File eksplorer dengan menekan tombol Windows + E di keyboard. Lalu, temukan dan klik kanan pada menu DVD Drive Drive. Setelah itu, tekan opsi Eject.
  2. Setelah slot DVD Drive terbuka, Anda masukkan CD/DVD yang ingin digunakan. Pastikan bagian label CD/DVD menghadap ke atas.
  3. Kemudian, Anda geser slot DVD Drive tersebut ke bagian dalam laptop.
  4. CD/DVD siap untuk digunakan.

Cara Memasukkan CD ke Laptop ASUS Tanpa DVD Drive Bawaan

Cara Memasukkan CD ke Laptop ASUS Tanpa DVD Drive Bawaan

Seperti yang telah dipaparkan di atas, Laptop ASUS keluaran terbaru tidak menyertakan slot DVD Drive bawaan. Oleh karena itu, Anda harus memiliki sebuah DVD Drive eksternal yang banyak tersedia di pasaran.

ASUS juga menyediakan berbagai jenis DVD Drive eksternal yang dapat Anda lihat web resminya atau klik disini. Setelah memiliki DVD Drive tersebut Anda dapat mengikuti cara memasukkan CD ke laptop ASUS selanjutnya.

  1. Keluarkan DVD Drive eksternal dari kemasannya. Di dalamnya, terdapat unit DVD Drive itu sendiri, kabel konektor, dan beberapa lembar kertas petunjuk.
  2. Hidupkan laptop ASUS Anda. Lalu, hubungkan DVD Drive eksternal ke laptop Anda dengan menancapkan kabel konektor ke port yang ada.
  3. Setelah terhubung, tunggu sistem operasi pada laptop ASUS Anda menginstal driver untuk DVD Drive eksternal ini.
  4. Setelah selesai, DVD Drive eksternal ini siap untuk digunakan.
Baca Juga  Tips Mengatasi Windows 10 Stuck Di Logo Loading

Untuk menggunakan DVD Drive eksternal ini, Anda tinggal ikuti langkah-langkah yang sama seperti cara memasukkan CD ke laptop ASUS keluaran lama di atas. Pasalnya, DVD Drive ini cara kerjanya sama dengan DVD Drive bawaan laptop.

Alasan Laptop Keluaran Terbaru Tidak Memiliki DVD Drive Bawaan

Beberapa Cara Menginstal Windows

Mungkin beberapa dari Anda bertanya-bertanya, mengapa laptop keluaran baru tidak memiliki DVD Drive bawaan. Ada beberapa alasan yang membuat produsen laptop menghilangkan DVD Drive bawaan dari laptop ini.

Akses Video dan Musik Bisa Lewat Internet

Salah satu kegunaan dari CD/DVD adalah untuk menyimpan file musik dan video. Dulu, jika kita ingin mendengarkan musik lewat laptop, kita perlu memasukkan CD/DVD ke dalam drive. Begitupun juga ketika ingin menonton sebuah film atau video.

Sekarang, kita dapat dengan mudah mengakses video dan musik melalui internet. Anda dapat langsung melakukan streaming pada laptop tanpa perlu memasukkan CD/DVD lagi.

Hal ini yang menyebabkan CD/DVD jarang digunakan. Sehingga produsen laptop memilih untuk menghilangkan DVD Drive pada laptop keluaran beberapa tahun terakhir.

Cara Memasukkan CD ke Laptop ASUS Tanpa DVD Drive Bawaan

Selain untuk menyimpan file berjenis musik dan video, CD/DVD dapat menyimpan jenis file lainnya seperti dokumen dan executable. Dulunya, salah satu opsi untuk menyimpan file adalah penggunaan CD/DVD.

Hal tersebut akhirnya membuat pengguna CD/DVD harus memiliki banyak CD/DVD jika dia memiliki banyak file yang harus disimpan. Pasalnya, kapasitas penyimpanan CD/DVD ini tidaklah besar.

Dengan majunya teknologi, kita banyak menyimpan file ke dalam harddisk eksternal dan juga cloud storage seperti Google Drive dan Microsoft OneDrive. Opsi penyimpanan ini dianggap lebih praktis dan mudah.

Opsi penyimpanan tersebut juga memiliki durabilitas yang lebih baik ketimbang CD/DVD yang berupa kepingan tipis. Jika CD/DVD kotor dan tergores, file yang tersimpan di dalamnya akan rusak dan tidak bisa diakses.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai cara memasukkan CD ke laptop ASUS yang tidak disertai slot DVD Drive bawaan beserta dengan alasan-alasan tidak adanya slot DVD Drive. Semoga bermanfaat.

Berbicara tentang penyimpanan, rekomendasi untuk Anda adalah mem-backup Windows. Karena dengan begitu data Anda akan kembali jika terjadi sesuatu yang tidak Anda inginkan.

FYI : Bagi Anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, Anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here