Cara Membuka Baterai Laptop ASUS dengan Mudah

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada laptop adalah kerusakan pada komponen baterai. Kerusakan baterai yang parah mengharuskan pengguna untuk mengganti baterai tersebut. Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara membuka baterai laptop ASUS.

Baterai merupakan salah satu komponen penting yang ada dalam laptop. Baterai sendiri merupakan komponen penyimpan daya dan sekaligus penghantar daya listrik dari sumber listrik menuju ke laptop.

Adanya baterai ini juga merupakan pembeda antara laptop dan pc lainnya. Baterai ini menyimpan daya listrik sehingga laptop tidak harus selalu dihubungkan dengan catu daya  ketika laptop dihidupkan.

Masalah Umum Pada Baterai?

Yang menjadi permasalahan adalah baterai laptop merupakan salah satu komponen yang memiliki masa pakai. Baterai yang dipakai lama kelamaan akan kehilangan kemampuannya untuk menyimpan daya listrik.

Lama kelamaan, kapasitas daya yang dapat disimpan di baterai ini akan berkurang. Sampai pada akhirnya, baterai tidak dapat menyimpan daya listrik sama sekali. Ketika hal tersebut terjadi, laptop tidak akan bisa dihidupkan tanpa terhubung langsung dengan sumber listrik.

Ketika hal tersebut terjadi, pengguna mau tidak mau harus mengganti baterai laptopnya. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi laptop seperti semula, yaitu perangkat yang bisa dioperasikan di mana saja selama masih ada daya listrik yang tersimpan di baterai.

Untuk mengganti baterai laptop, Anda tidak perlu membawanya ke tukang service. Anda dapat mengganti baterai laptop secara mandiri dengan peralatan-peralatan yang dapat dengan mudah didapatkan.

Jika Anda ingin mengganti baterai laptop Anda, Anda harus mencari baterai yang cocok untuk seri laptop ASUS yang Anda miliki. Hal ini dilakukan agar baterai yang digunakan dapat dimasukkan ke dalam laptop.

Anda dapat mencari referensi baterai laptop yang cocok untuk seri laptop ASUS milik Anda di internet. Untuk memastikan baterai apa yang cocok, Anda harus mencari informasi tentang baterai yang biasanya dicantumkan pada baterai laptop.

Untuk melihat informasi ini, Anda harus membongkar casing laptop Anda dan melihat informasi yang tercantum pada baterai.

Alat-Alat yang Digunakan

Sebelum membuka casing laptop, pastikan Anda memiliki alat-alat di bawah ini.

  1. Obeng (+)

Obeng (+) ini digunakan untuk membuka bagian baut bagian casing yang biasanya berbentuk (+). Untuk membuka casing ini, pastikan Anda memiliki obeng yang berukuran kecil karena ukuran dari baut casing ini juga kecil.

  1. Obeng (-)

Obeng (-) ini bersifat opsional. Kebanyakan baut yang dipakai pada laptop merupakan baut berbentuk (+). Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan obeng satu ini untuk berjaga-jaga ketika ada baut yang berbentuk (-). 

  1. Plastik pembuka
Baca Juga  Cara Mengubah Jam di Laptop ASUS Paling Praktis!

Plastik pembuka ini berfungsi untuk membuka casing laptop yang telah dilepas bautnya. Plastik ini dapat berupa plastik kecil yang tipis seperti pick gitar atau plastik SD card laptop.

Setelah semua alat di atas siap, Anda dapat melanjutkan ke pembahasan berikutnya, yakni cara membuka baterai laptop ASUS.

Cara Membuka Baterai Laptop ASUS

Untuk mengetahui cara membuka baterai laptop ASUS, Anda dapat menyimak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama, buka semua baut yang terdapat pada bagian bawah laptop menggunakan obeng yang cocok. Taruh semua baut tadi pada satu tempat agar tidak ada baut yang hilang.
  2. Jika semua baut telah terlepas, buka bagian sisi dari casing laptop menggunakan plastik pembuka yang telah disiapkan. Lakukan hal ini dengan perlahan agar tidak ada bagian laptop yang patah.
  3. Setelah semua sisi terbuka, angkat casing laptop tersebut. Lakukan dengan perlahan karena terdapat kabel power on/off, kabel touchpad, dan kabel keyboard yang masih terhubung dengan motherboard.
  4. Kemudian, lepaskan kabel-kabel tersebut dengan perlahan agar tidak putus. Bagian kabel yang dilepas adalah bagian yang menempel pada motherboard.
  5. Setelah melepas kabel-kabel tersebut, komponen baterai akan terlihat dengan jelas. Cari dan temukan informasi dari baterai tersebut.
  6. Jika Anda tidak dapat menemukan informasi itu pada sisi baterai yang menghadap ke Anda, lepas baterai tersebut. Anda dapat mengambilnya dengan melepas kabel yang menghubungkan baterai dengan motherboard.
  7. Informasi tentang baterai biasanya juga ada pada sisi satunya.

Setelah Anda mendapatkan informasi tentang baterai laptop ASUS Anda, Anda dapat mencarinya di internet ataupun menanyakan kepada orang yang mengetahui tentang beragam jenis baterai pada laptop. 

Jika Anda ingin memasangkan baterai laptop Anda, Anda tinggal ulangi langkah di atas secara terbalik. Pastikan semua komponen terhubung dengan menyambungkan kembali kabel yang telah dilepas.

Pastikan juga semua baut yang telah dilepas tadi terpasang kembali agar tidak ada masalah yang terjadi.

 

Penutup

Begitulah pembahasan mengenai cara membuka baterai laptop ASUS yang dapat Anda terapkan. Cara membuka baterai laptop ASUS ini dapat diterapkan pada berbagai seri laptop ASUS seperti seri x441m, x441b, x441u dan juga seri lainnya.

Semoga artikel tentang cara membuka baterai laptop ASUS ini dapat bermanfaat bagi Anda semua. Sekian dan terima kasih.

FYI : Bagi anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini, atau langsung menghubungi support.

 

Artikel Terbaru

8 Cara Keluar Dari BIOS Utility ASUS Yang Masuk Terus

BIOS memiliki perang penting dalam sistem komputer atau laptop...

Cara Refresh Laptop Asus Agar Tidak Ngelag

Jika laptopmu ASUS mu tiba-tiba alami lag parah, kamu...

Cara Mengganti VGA di Laptop ASUS, Bisa atau Tidak?

Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara mengganti VGA...

Penting, Cara Mengatasi Boot Loop Laptop ASUS

Apakah laptop ASUS kamu tiba-tiba tidak bisa masuk sistem?...

Syarat Dan Cara Klaim Garansi Laptop ASUS

Sebagai pengguna laptop ASUS, hendaknya mengetahui syarat dan cara...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

× Hubungi Kami