Cara Mengaktifkan Webcam Di PC Windows 10

Apakah Anda ingin tahu cara mengaktifkan webcam di pc windows 10? Jika ya, maka Anda berada di tempat yang tepat. Artikel ASUS Bussiness ini akan memberikan panduan lengkap dan mudah untuk melakukan hal tersebut.

Webcam adalah perangkat yang berguna untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui video call, merekam video, atau mengambil foto. Namun, terkadang webcam tidak bekerja dengan baik atau tidak terdeteksi oleh sistem operasi.

cara mengaktifkan webcam di pc windows 10

Untuk itu, Anda perlu mengaktifkan webcam secara manual atau mengatasi masalah yang mungkin terjadi. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk mengaktifkan webcam di pc windows 10.

Cara Mengaktifkan Webcam Di PC Windows 10

Langkah-langkah cara mengaktifkan webcam di pc windows 10 adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama dari cara mengaktifkan webcam di pc windows 10 adalah dengan buka Pengaturan dengan menekan tombol Windows + I pada keyboard atau klik ikon roda gigi di menu Start.
  2. Langkah berikutnya dari cara mengaktifkan webcam di pc windows 10 adalah dengan Pilih Privasi dan klik Kamera di bagian kiri jendela.
  3. Langkah berikutnya dari cara mengaktifkan webcam di pc windows 10 adalah Di bagian kanan, pastikan opsi Izinkan aplikasi mengakses kamera Anda sudah diaktifkan. Jika tidak, geser tombol ke posisi On.
  4. Langkah berikutnya dari cara mengaktifkan webcam di pc windows 10 adalah Di bawahnya, Anda juga bisa mengatur aplikasi mana saja yang boleh menggunakan kamera Anda. Geser tombol ke posisi On atau Off sesuai keinginan Anda.
  5. Tutup jendela Pengaturan dan coba gunakan kamera Anda dengan aplikasi yang Anda inginkan.

cara mengaktifkan webcam di pc windows 10

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, Anda mungkin perlu menginstal atau memperbarui driver kamera Anda.

Driver adalah perangkat lunak yang membantu komputer Anda berkomunikasi dengan perangkat keras seperti kamera.Untuk menginstal atau memperbarui driver kamera Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengelola Perangkat dengan menekan tombol Windows + X pada keyboard dan pilih Pengelola Perangkat dari menu yang muncul.
  2. Cari dan klik dua kali pada Kamera, Perangkat Gambar, atau Perangkat Masukan Media tergantung pada jenis kamera Anda.
  3. Klik kanan pada nama kamera Anda dan pilih Perbarui Driver.
  4. Pilih opsi Cari secara otomatis perangkat lunak driver yang diperbarui dan tunggu prosesnya selesai.
  5. Jika ada driver baru yang tersedia, ikuti petunjuk di layar untuk menginstalnya. Jika tidak, pilih opsi Telusuri komputer saya untuk perangkat lunak driver dan cari lokasi driver yang sudah Anda unduh sebelumnya dari situs web produsen kamera Anda.
  6. Setelah driver terinstal, tutup jendela Pengelola Perangkat dan coba gunakan kamera Anda lagi.
Baca Juga  Cara Mendaftarkan Tempat Usaha Di Google Maps

Jika kamera Anda tetap tidak bisa aktif setelah mengikuti langkah-langkah di atas, ada beberapa kemungkinan penyebabnya, seperti:

  • Kamera Anda rusak atau tidak kompatibel dengan pc windows 10 Anda. Anda bisa mencoba menghubungkan kamera Anda ke komputer lain atau menggunakan kamera lain untuk memeriksa hal ini.
  • Kamera Anda terblokir oleh antivirus, firewall, atau perangkat lunak keamanan lainnya. Anda bisa mencoba menonaktifkan sementara perangkat lunak tersebut dan melihat apakah kamera Anda bisa berfungsi.
  • Kamera Anda mengalami konflik dengan perangkat keras atau perangkat lunak lainnya. Anda bisa mencoba menjalankan Pemecah Masalah Perangkat Keras dan Perangkat dengan cara membuka Pengaturan, pilih Pembaruan & Keamanan, klik Pemecah Masalah, dan pilih Perangkat Keras dan Perangkat. Ikuti petunjuk di layar untuk menjalankan pemecah masalah dan memperbaiki masalah yang ditemukan.

Rekomendasi Webcam Murah Berkualitas

cara mengaktifkan webcam di pc windows 10

Jika dengan cara mengaktifkan webcam di PC Windows 10 di atas tidak membantu dan ternyata webcam Anda masih tidak berfungsi, Anda mungkin perlu membeli lagi webcam yang baru. Berikut ini rekomendasi webcam murah berkualitas yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Rexus SW-rx01: Webcam ini memiliki resolusi 1280×720 pixel dan dapat menangkap cahaya dengan baik. Webcam ini juga dilengkapi dengan mikrofon bawaan yang dapat mengurangi noise.
  • Logitech C270: Webcam ini memiliki resolusi 1280×720 pixel dan dapat melakukan autofocus. Webcam ini juga memiliki fitur RightLight yang dapat menyesuaikan cahaya secara otomatis.
  • Jete W7: Webcam ini memiliki resolusi 1920×1080 pixel dan dapat merekam video dengan frame rate 30 fps. Webcam ini juga memiliki mikrofon bawaan yang dapat menghasilkan suara yang jernih.

Demikianlah tutorial cara mengaktifkan webcam di PC Windows 10 serta trouleshoot jika ternyata cara mengaktifkan webcam di PC Windows 10 di atas tidak bisa membantu.

Selain itu jika Anda tertarik untuk membeli webcam baru, di atas juga kami berikan rekomendasi 3 webcam murah dan berkualitas. Ketiganya bisa Anda beli melalui Shopee, Tokopedia, Lazada atau marketplace lainnya.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here