Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Terbukti Work

Kali ini saya akan membagikan cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi. Masalah seperti ini sangat umum terjadi sehari-hari.

Ada banyak faktor yang  melatar belakangi touchpad laptop tidak berfungsi, yang jelas seringnya terjadi karena gagal software. Tentu saja semua bermula dari kurangnya pengetahuan tentang cara merawat laptop.

Nah, karena itu di sini kita akan coba mengidentifikasi masalah yang menimbulkan error pada touchpad beserta solusinya.

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Untuk mengecek bahwa touchpad tidak berfungsi dengan benar, lakukan dulu cara mengaktifkan Touchpad laptop tidak berfungsi yang pertama, Anda bisa menggunakan tombol F1-F12 terlebih dahulu. 

Umumnya ada di F7 dengan gambar touchpad, masing-masing laptop mungkin berbeda, maka Anda bisa mengecek secara langsung dengan kombinasi Fn. Klik Fn + F7 untuk memastikannya. Jika masih belum berhasil, maka Anda dapat mencoba beberapa langkah berikut ini.

Memastikan Trackpad telah Terhubung

Jika trackpad belum terhubung, maka touchpad akan disable dan tak bisa digunakan. Oleh karena itu, Anda wajib memastikan trackpad dan panel yang terhubung melalui USB telah tersambung sepenuhnya.

Langkah lainnya yang bisa dicoba yakni dengan melepaskan dan menyambungkan kembali touchpad. Jika Anda menggunakan type Cover pada jaringan Surface, maka lepas dan pasang kembali Type Cover untuk melakukan pengecekan ulang pada touchpad Anda.

Lakukan Restart Laptop atau PC Windows 10

restart

Restart umumnya menjadi solusi jika terdapat masalah dalam penggunaan laptop. Anda bisa melakukan restart sebagaimana biasa hendak shutdown laptop. Anda bisa mengecek ulang tombol touchpad yang error. Jika belum berhasil juga? Coba langkah selanjutnya, ya!

Memperbarui Driver Perangkat Laptop Anda

Dalam menjalankan laptop, terkadang driver perangkat mengalami kelelahan karena satu dan lain hal. Anda harus memperbarui driver di dalamnya agar performanya semakin membaik.

Jika permasalahannya pada touchpad, Anda bisa mencobanya dengan klik menu Filter, kemudian klik Setting. Umumnya, pembaruan driver dan Windows akan memakan waktu cukup lama. Pastikan batre tetap terisi ketika melakukan pembaruan sistem.

Jalankan Sistem Troubleshooter

troubleshooter

Jika tombol touchpad pada laptop Anda tidak berfungsi, menjalankan troubleshoot juga cukup ampuh untuk dilakukan.

Hal ini akan menjadi pendeteksi kinerja windows yang bisa mengetahui penyebab tidak berfungsinya touchpad dengan benar. Umumnya, masalah ini disebabkan oleh kompatibilitas dan konflik dengan program lainnya.

Cara pengecekannya dengan klik tombol Start, pilih Settings, menuju Update and Security, kemudian masuk ke tab Troubleshoot. Anda akan temukan menu Additional Troubleshoot, kemudian cek pada pilihan Program Compatibility Troubleshooter kemudian cek pada Run the Troubleshooter.

Menjalankan Scan Menggunakan CMD

cmd

Sistem scan menggunakan CMD atau Command Prompt juga bisa dilakukan untuk mengecek kondisi touchpad yang tak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Baca Juga  Cara Membuka Baterai Laptop ASUS dengan Mudah

Anda bisa langsung menggunakan tombol Start, ketik cmd, kemudian klik Run as Administrator, pada bagian Command Prompt ketik perintah: sfc /scannow klik Enter dan tunggu beberapa saat.

Jika ada file sistem yang rusak, maka akan diperbarui secara otomatis. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengidentifikasi penyebab touchpad yang kurang maksimal bekerja sesuai kapasitasnya.

Roll Back pada Driver Versi Sebelumnya

Roll Back Driver

Bila touchpad pada laptop Anda terhambat setelah melakukan update driver atau update Windows, maka hal ini bisa jadi disebabkan karena kapasitas driver baru yang tidak kompatibel atau didapati adanya bug. 

Lakukan beberapa langkah berikut ini untuk memastikan bahwa permasalahan touchpad ini memang disebabkan oleh ketidakseimbangan sistem pada versi baru.

Pertama, buka Device Manager, kemudian temukan Driver Laptop Anda. Klik kanan pada Driver Touchpad, kemudian pilih Properties. Di sana Anda akan temukan tab Driver, kemudian klik Roll Back Driver. Lakukan uninstall pada program terakhir yang di-instal.

Hal yang perlu dipahami bahwa umumnya, touchpad akan bermasalah bila ada crack pada program baru tertentu yang diinstal, di luar program bawaan laptop.

Maka, Anda perlu mencermati beberapa program baru yang diinstal agar bisa mengatasi masalah bila touchpad tak dapat digerakkan. Tak perlu datang ke lokasi service karena akan ada harga ganti yang mungkin tidak murah.

Menggunakan System Restore

Open System Restore

System restore merupakan fitur untuk backup sistem Windows dalam keadaan terbaik saat prosesnya terjadi. Jika Anda rutin membuat backup menggunakan restore point, maka Anda bisa menggunakan langkah ini jika benar-benar sudah tak tertolong lagi.

Caranya dengan masuk ke Control Panel, pilih menu Recovery, jalankan Open System Restore, klik Next.  Kemudian pilih Restore Point ketika Touchpad masih berfungsi.

Menghapus Software Mouse pada Windows

Kemungkinan lain yang terjadi ketika touchpad bermasalah yakni terjadi karena perangkat lunak pada Windows.

Anda bisa menghapusnya untuk mengembalikan performa touchpad dengan cara klik Windows + R, kemudian ketik “devmgmt.msc” klik OK. Anda akan mendapati Mice and Other Pointing Device yang terinstal. Klik uninstall, kemudian hapus software-nya secara permanen.

Penutup

Dengan memahami cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi di atas, maka kini Anda tak perlu khawatir lagi jika mengalami masalah terkait touchpad laptop anda. Tapi jika masih membutuhkan tips terkait perawatan laptop, bisa kunjungi konten terkait.

 

FYI : Bagi anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

 

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here