ASUS ExpertBook B9450FA-GV7110R, Laptop Untuk Pekerja Keras

Laptop ASUS ExpertBook B9450FA-GV7110R merupakan laptop kelas bisnis berukuran layar 14 inch yang paling ringan. Laptop ini memiliki form factor berupa clamshell dengan material utama menggunakan Magnesiun-Lithium, material jenis ini merupakan material yang paling ringan dibandingkan dengan material magnesium-aluminum atau magnesium-alloy.

Dengan bahan material yang ringan tersebut, laptop ini memiliki durabilitas yang mumpuni dan sudah memenuhi standar militer berdasarkan US Military Grade MIL-STD 810G, serta telah memiliki coating anti korosi dan oksidasi.

Standar Militer yang dimilikinya ini artinya telah melewati pengujian in-house yang ketat termasuk tekanan panel, guncangan, dan tes jatuh untuk memastikan daya tahan. Tak hanya daya tahan komponennya, port engsel dan I/O juga di uji melalui ribuan siklus penggunaan.

Meski bentuknya tipis dan bobotnya ringan, namun laptop ini juga memiliki banyak port I/O, termasuk Thunderbolt™ 3 untuk transfer data secepat kilat, output video dan dukungan pengisian cepat.

Tersedia USB Tipe-A dan output HDMI, dilengkapi pula dengan konektivitas jaringan kabel dengan alamat MAC individual untuk manajemen perangkat yang mudah. Laptop ini bisa diisi ulang menggunakan konektor USB Type-C seperti yang biasa digunakan untuk smartphone biasa.

Tidak ada tugas yang terlalu sulit untuk ExpertBook seri ini. Laptop ini sangat cocok untuk membantu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan seefisien mungkin. Didukung oleh prosesor hingga Intel® Core™ i7 yang performanya terkenal cepat dan kinerja responsif, dan fitur dual SSD untuk akses data super cepat dan bahkan penyimpanan lebih untuk file yang lebih besar. 

Penggunaan prosesor Core i7 yang terkenal powerful, ASUS ExpertBook B9450FA-GV7110R memungkinkan Anda untuk menikmati layanan Streaming film dalam tampilan 4K, masking foto, pemfilteran video, edit foto lebih cepat dan buat video agar tampak lebih professional, hingga bermain game pada resolusi 1080P dengan frame rate lancar. Dengan performanya yang begitu mengesankan ini, Anda juga bisa beralih dari aktivitas menghitung angka ke membuat konten dengan cepat.

Layar ExpertBook B9450FA-GV7110R berukuran 14 inch panel IPS beresolusi 1920 x 1080 Full HD dengan refresh rate 60Hz. Layarnya sendiri memiliki 300 nits dan 100% sRGB, dilengkapi Anti-Glare dan mengusung NanoEdge Display dengan bingkai layar 4mm yang tipis. Tidak hanya itu, laptop ini juga mengusung desain Ergolift Hinge, artinya layar dapat sedikit terangkat pada bagian belakang laptop ketika dibuka. 

Hal ini membuat perangkat tersebut mampu meningkatkan kenyamanan saat mengetik karena bagian keyboard akan sedikit terangkat untuk memberikan posisi mengetik lebih nyaman. Bagian layarnya dapat dibentangkan hingga posisi 180 derajat, serta memiliki fitur pengaturan tone warna layar, termasuk Eye Care yang dapat disesuaikan melalui software MyASUS.

Spesifikasi Utama ASUS ExpertBook B9450FA-GV7110R

Spesifikasi utamanya yang telah mengusung prosesor Intel Core i7-10510U merupakan syarat yang harus dimiliki sebuah laptop bisnis. Prosesornya ini disebut sebagai Project Athena Core i7 (Comet Lake) berfabrikasi 14nm, TDP 15W, berbasis 4-core/8-thread dengan clock speed 1.8GHz dan Max Turbo 4.9GHz, serta memiliki 8 MB Intel Smart Cache.

Laptop ini memiliki kamera beresolusi 720p 30fps yang terletak di bagian bawah layar. Terdapat Webcam Switch berupa switch mekanikal yang dapat digunakan untuk menonaktifkan kamera demi menjaga privasi penggunanya. Kameranya ini telah dibekali dengan teknologi IR Camera yang mendukung Windows Hello. 

Dalam hal audio, terdapat dua buah speaker pada sisi bawah kanan dan kiri laptop yang telah memiliki sertifikasi Harman/Kardon, serta dilengkapi dengan Far-Field Microphone yang mendukung Cortana. Ada beberapa konektor yang tersedia pada bagian sisi kiri, terdapat 2x Thunderbolt 3, 1x HDMI, 1x USB 3.1 Gen 2 Type-A, dan RJ45 via micro HDMI. Pada paket penjualannya terlah disertakan coverter. 

Baca Juga  Cara Mengaktifasi Windows 10 Dengan dan Tanpa Aplikasi

Sementara pada sisi kanan terdapat audio jack combo dan USB 3.1 Gen 2 Type-A. Dalam hal konektivitas nirkabel, ASUS ExpertBook B9450FA-GV7110R telah mendukung Intel Wi-Fi 6 AX201 yang telah dilengkapi WiFi AX, MU-MIMO, dan Bluetooth v5.

Pada bagian keyboard terdapat backlit dengan 3 tingkat kecerahan dan memiliki resistansi percikan air hingga 66cc, touchpad yang mendukung Windows Precision Driver. Seperti yang disinggung di awal tadi, sekuritas sensor Fingerprint dan kamera Infra Red juga telah didukung dengan Windows Hello.

Performa ASUS ExpertBook B9450FA-GV7110R

Ada tiga jenis Fan Profile yang dapat diatur sebagai pengaturan performa prosesor melalui software MyASUS, antara lain:

  • Dynamic, pengaturan kecepatan kipas dilakukan otomatis
  • Whisper, menurunkan kecepatan kipas untuk mengurangi tingkat kebisingan kipas
  • Velocity, meningkatkan kecepatan kipas dan performa laptop

Dalam hal rendering, misalnya pada software Adobe Premiere Pro CC 2020, pada kualitas 4K dan Full HD eGPU yang digunakan adalah RTX 2080 Super FE yang dihubungkan via Thunderbolt 3, sementara editing yang dilakukan adalah Color Correction serta Multi Layer.

Performa gaming menggunakan eGPU RTX 2080 Super FE via Thunderbolt 3 hasilnya juga tak kalah memuaskan:

  • CSGO – 1080p Low 179-220 fps
  • Dota 2 – 1080p Fastest | Screen Renderer 100% 87-110 fps
  • Shadow of the Tomb Rider – 1080p High | RTX Medium 60-90 fps
  • Assassin’s Creed Odyssey – 1080p High 43-60 fps

Performa Baterai laptop ini bisa dibilang sangat awet, pada mode Whisper Fan Profile, dengan mengatur kecerahan layar di 50% dan Volume sebesar 25% hasilnya Video Playback dapat berjalan hingga 15 jam lamanya. Sementara jika digunakan Web Browsing bisa bertahan hingga 12 jam 10 menit. Hasil tersebut melampaui syarat Project Athena, yang notabenenya performa baterai harus minimal 9 jam secara real-world.

Proses pengecasannya juga terbilang baik, terdapat tiga jenis Preset yang bisa disesuaikan melalui MyASUS, di mana preset tersebut termasuk:

  • Full Capacity – charging hingga 100%
  • Balance Mode – charging hingga 80%
  • Maximum Lifespan Mode – charging hingga 60%

Laptop ini diklaim dalam 39 menit mampu mengisi ulang baterai mencapai hingga 60%. Jika diuji secara langsung hasilnya tak jauh beda, laptop membutuhkan waktu 40 menit untuk bisa mengisi ulang sebanyak 58% dalam kondisi laptop mati. Baterai 58% ini setara dengan penggunaan Web Browsing kurang lebih selama 5 jam, atau Video Playback selama 6 jam.

Ketika laptop dalam kondisi menyala, melakukan tes charging dengan Airplane Mode diaktifkan, serta Brightness layar diatur 10%, laptop ini membutuhkan waktu sekitar 180 menit untuk bisa terisi penuh hingga 100%. Hasil tersebut mungkin sama dengan laptop standar lainnya. Sistem pendingin aktif yang dimiliki laptop ini mengusung satu buah fan yang disebut sebagai Advanced Thermal Module, intake panas berasal dari bawah dan exhaust menuju ke arah belakang (layar). 

Ringkasan Spesifikasi utama ASUS ExpertBook B9450FA-GV7110R

Jika Anda tidak memiliki waktu lebih, maka langsung saja kami ringkas beberapa spesifikasi utama yang dimiliki laptop ASUS ExpertBook B9450FA-GV7110R, antara lain:

  • Layar: 14 inch Full HD IPS
  • Prosesor: 10th Gen Intel® Core™ i7 -10510U processor 1.8GHz (up to 4.9GHz and 8MB cache)
  • Kartu Grafis: Integrated Intel® UHD Graphics 620
  • RAM: 16 GB DDR4
  • Penyimpanan: PCIEG3x2 NVME 1TB M.2 SSD
  • Sistem Operasi: Windows 10 Profesional
  • Dimensi: 32.0 x 20.3 x 1.49 cm
  • Berat: 0.870 kg
  • Baterai: 4 -Cell 66Wh lithium-polymer long life rechargeable battery
  • WiFi, Bluetooth, Webcam
  • Fingerprint
  • NumberPad

Dengan spesifikasi yang powerful tersebut, harga ASUS ExpertBook B9450FA-GV7110R dibanderol dengan harga Rp 25.000.000. Harga yang cukup sepadan dengan performa maksimal yang bisa didapatkan. 

Artikel Terbaru

Ini Dia 10 Perusahaan Terbesar Di Indonesia

Salah satu cara untuk mengetahui kondisi perekonomian suatu negara...

Rekomendasi Laptop Untuk Desain Grafis Tahun 2023

Laptop untuk desain grafis semakin populer digunakan oleh para...

Cara Membuat Jadwal Zoom Meeting Di Laptop

Jika kamu berencana mengadakan meeting atau belajar memakai Zoom,...

Cara Ganti Foto Profil Zoom Di Laptop

Kalau kamu sering menggunakan Zoom apalagi jika untuk kegiatan...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here