Cara Ganti Nama User Windows 10 dengan Benar (Change the Account Name)

Pengguna baru laptop atau PC seringkali kebingungan ketika hendak mengganti nama administratornya. Cara ganti nama user Windows 10 memang memiliki caranya sendiri.

Apalagi dengan salah satu kelemahan yang masih dimiliki Windows yaitu pada pengaturannya yang masih bejibun. Sehingga pengguna dibikin pusing hanya untuk mengganti nama lokalnya.

Nama ini menjadi penting karena sering kali muncul di beberapa momen, misal ketika login, maupun logout akun Microsoft misal. Sehingga nama ini menjadi identitas perangkat kita.

Mengganti Nama User PC Windows 10

Agar Anda lebih mudah untuk mengganti nama user, berikut telah kita rangkum beberapa cara untuk merubah nama local tersebut. Dengan begini Anda tidak perlu kuatir tersesat di labirin-labirin penuh sesak pengaturan Windows 10.

Cara Ganti Nama User di Windows 10 dengan Control Panel

Pengguna Windows seharusnya sudah tidak asing lagi dengan Control Panel. Sebuah fitur yang dapat mengatur berbagai hal tentang perangkat Windows. Ada banyak sekali pengaturan yang Ada di dalamnya.

Cukup sulit bagi orang awam untuk menjangkau semua pengaturan itu dan memahaminya. Terkadang kita membuka fitur itu hanya untuk suatu tujuan saja. Seperti halnya merubah nama ini. Berikut telah diringkas cara paling singkat atau tercepat untuk merubah nama.

  • Ketik control panel di kolom search atau pencarian Windows, lalu pilih ikon tersebut

Ketik control panel di kolom search atau pencarian Windows, lalu pilih ikon tersebut

  • Pilih opsi user accounts

Pilih opsi user accounts

Klik dua kali user account

  • Lalu cari change your account name dan pilihLalu cari change your account name dan pilih
  • Ketik nama yang Anda inginkan pada kolom New account nameKetik nama yang Anda inginkan pada kolom New account name
  • Kalau sudah, kemudian klik Change Name

Tidak perlu kuatir tentang nama yang salah, karena nama dapat kamu ganti kapanpun. Atau memang Anda bagian orang yang cepat bosan, merubah nama menjadi lebih mudah.

Cara Ganti Nama Akun Windows 10 dengan Microsoft

Microsoft dengan segenap keunggulannya memang menyuguhkan berbagai fitur di dalamnya. Kedekatan Windows dan Microsoft memang sudah seperti melebur menjadi satu. Sehingga banyak hal yang dapat kita lakukan di Microsoft.

Diantara berbagai fitur yang ditawarkannya, salah satunya yang sedang menjadi fokus kita kali ini adalah mengubah nama user Windows 10 menggunakan Microsoft.

Cara ini terbilang lebih menarik karena Microsoft setidaknya lebih menawarkan interface yang menyejukkan mata dengan ikon-ikon yang menarik. Meskipun secara kegunaan sebenarnya sama-sama saja.

Perlu dipahami bahwa cara yang mana saja sebenarnya tidak masalah, karena sama-sama dapat digunakan.

Namun memang sebagai kodratnya manusia yang beraneka ragam, semakin banyak cara, maka akan semakin memperbesar peluang kita akan dapat dengan mudah selalu mengingatnya.

Berikut cara mengganti nama user Windows 10 menggunakan Microsoft.

  1. Masuk ke website resmi Microsoft.com, setelah itu perhatikan pada sisi pojok kanan atas yaitu ikon loginMasuk ke website resmi Microsoft.com, setelah itu perhatikan pada sisi pojok kanan atas yaitu ikon login
  2. Login sesuai akun yang Anda miliki dengan memasukkan nomor maupun email kalian. Keamanan Microsoft memang terkenal kuat, bisa jadi Anda akan diminta untuk melengkapi beberapa hal ketika sudah lama tidak pernah login.
  3. Setelah sudah masuk ke dalam dashboard, fokus lagi pada pojok kanan atas, ikon akun, dan klik.
  4. Terdapat pilihan Akun Microsoft Saya, nah pilih dengan klikTerdapat pilihan Akun Microsoft Saya, nah pilih dengan klik
  5. Kali ini fokus pada kiri atas, temukan More action, klik lalu pilih Edit ProfileKali ini fokus pada kiri atas, temukan More action, klik lalu pilih Edit Profile
  6. Klik Edit Name, setelah itu isikan nama sesuai yang Anda inginkan
  7. Perhatikan juga pada bagian chapta, Anda perlu mengisinya sesuai yang tertera
  8. Klik Save, selesai.
Baca Juga  Cara Mengganti Font Windows 10 Cepat dan Mudah!

Perhatikan juga pada bagian chapta, Anda perlu mengisinya sesuai yang tertera

Biasanya nama tidak lekas langsung berubah, namun perlu melakukan restart pada perangkat Anda. Ini bertujuan agar perangkat Anda melakukan sinkronisasi pada perangkat. Dengan kata lain, nama user Anda akan berubah jika sinkronisasi selesai.

Cara Ganti Nama Komputer di Windows 10

Setidaknya yang perlu Anda ketahui adalah pada Windows 10 menyediakan dua nama yang dipakai. Agar menyederhanakan, sebut saja dengan nama user dan nama perangkat.

Secara sederhana juga, nama user akan tampil ketika Anda akan memasuki Windows. Sedangkan pada nama perangkat, nama ini akan muncul ketika Anda sedang melakukan pengaturan Wifi, Bluetooth, atau segala yang berkaitan dengan sistem perangkat.

Langkah-langkah untuk mengganti nama perangkat baik PC maupun laptop tentu saja beragam. Hal ini karena setiap perangkat memiliki ciri khasnya tersendiri. Atau paling tidak memiliki tampilan yang sedikit berbeda.

Namun kali ini telah dirangkum beberapa cara secara umum dapat digunakan di kebanyakan perangkat. Berikut tahapan-tahapannya.

  1. Pergi ke pencarian atau search Windows 10 di bagian bawah, ketik About
  2. Pilih About Your PC
  3. Pada jendela yang telah terbuka, cari rename this PC, dan pilih.
  4. Isi nama sesuai dengan yang kalian inginkan
  5. Terakhir cari pilihan Restart Now dan klik.

Ketika komputer Anda sudah menyala lagi, maka secara otomatis komputer Anda telah terganti nama perangkatnya.

Penutup

Nama adalah identitas kita, dan dari nama itulah kita awal dikenal orang lain. Begitu juga dengan perangkat kita, bahwa nama adalah identitas dari perangkat kita.

Seharusnya kita lebih memperhatikan nama perangkat. Sehingga cara ganti nama user Windows 10 akan menjadi penting bagi yang ingin merubah nama perangkat atau administratornya.

Dan demi memaksimalkan keamanan, membackup Windows 10 memang masih menjadi pilihan yang tepat. Karena file dan data Anda akan dapat kembali jika terjadi suatu eror.

FYI : Bagi Anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, Anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

 

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here