ASUS ExpertBook B1400, Laptop “for Work” Dilengkapi Berbagai Fitur Canggih

Di lini “laptops for works”, ASUS luncurkan salah satu produk terbaiknya melalui ASUS ExpertBook B1400. Walau belum tergolong laptop Premium, seri ExpertBook ini telah dibekali fitur teknologi canggih yang mampu menunjang mobilitas dan produktivitas penggunanya dalam bekerja. Dan, tentunya dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

“ASUS ExpertBook B1400 kali ini tampil bukan hanya sebagai sebuah laptop, tetapi juga perangkat operasional yang selalu bisa diandalkan,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia.

“Tak cuma hadir dengan desain portabel serta mengusung teknologi dan hardware terkini, ExpertBook B1400 juga hadir dalam berbagai varian dan dibanderol dengan harga yang terjangkau untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis Anda.”

Baca Juga: ASUS ExpertBook B9450FA-GV7110R, Laptop Untuk Pekerja

Seperti apakah prejengan seri ExpertBook besutan ASUS yang satu ini? Simak ulasannya di bawah ini:

Desain Fisik ASUS ExpertBook B1400: Tangguh, Ringkas dan Elegan

ASUS ExpertBook B1400 hadir dengan konstruksi desain fisik multilayer yang telah teruji tahan terhadap benturan dan guncangan. Cover bagian atas menggunakan material aluminum alloy. Dipadu dengan material baja ringan yang dipasang di antara bagian C dan D untuk meningkatkan ketangguhannya.

Seri ExpertBook yang satu ini juga mengusung konstruksi desain HDD protection package. Lewat penggunaan bracket dan sponge yang tersemat pada HDD package. Tujuannya tentu saja untuk mengamankan hard drive dari getaran dan guncangan.

Ketangguhan laptop ini pun telah dibuktikan dengan mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS MIL-STD 810H. Sebuah standar metode pengujian bagi produk-produk militer maupun komersil untuk bisa bertahan dalam setiap kondisi ekstrem.

Mulai dari uji ketahanan atas suhu ekstrem (beku dan panas terik), hingga uji ketahanan dari benturan dan guncangan hebat. Termasuk uji ketahanan dari tekanan beban.

Selain tangguh, ASUS ExpertBook B1400 tampil dengan desain fisik yang ringkas namun elegan. Laptop ini memiliki dimensi 323.4 x 215. 65 mm dengan ketebalan 19.2 mm dan bobot 1,45 kg. Hadir dengan balutan warna Star Black. Ditambah elemen arsitektur yang khas di tiap bagian sudut tepiannya.

Meski ringkas, laptop ini dibekali desain keyboard berukuran penuh dengan tuts yang memiliki lebar pitch 19.05 mm untuk meningkatkan akurasi pengetikan. Bahkan komponen keyboard pada laptop ini sudah dilengkapi fitur spill-resistant yang dapat mencegah kerusakan saat tak sengaja tertumpah minuman.

Bagian layar ASUS ExpertBook B1400 mengusung desain bezel cukup tipis. Ukuran bezel bagian samping kiri-kanannya hanya memiliki ketebalan 6.4 mm, dan 12.5 mm untuk bagian atasnya. Sehingga membuat bidang layar tampak cukup lega, dengan screen-to-body ratio mencapai 84%.

Layarnya menggunakan jenis panel LED backlit FHD (1920×1080) berukuran 14 inci. Dilengkapi dengan teknologi Anti-Glare dan NanoEdge Display. Serta sudah tersertifikasi low-blue light emmission dari TÜV Rheinland, sehingga nyaman untuk penggunaan jangka panjang, tanpa harus khawatir merusak mata.

Seri ExpertBook yang satu ini mengusung desain engsel ErgoLift dan dapat diputar pada posisi 180o. Melalui desain ErgoLift, pengguna laptop ini akan memperoleh posisi yang nyaman saat mengetik. Lantaran bagian belakang alas laptop akan sedikit terangkat akibat tertopang oleh layar.

Selain itu, desain ini pun bisa bermanfaat untuk sirkulasi udara panas yang keluar dari bagian bawah laptop. Ketika layar dibuka di posisi 90o atau lebih, maka secara otomatis bagian belakang alas laptop akan sedikit terangkat. Sehingga membuat ada sedikit celah atau rongga.

Adapun desain engsel yang dapat diputar pada posisi 180o, selain menambah keunikan desain, juga dapat memudahkan penggunanya untuk kolaborasi maupun berbagi tampilan. Misal ketika ingin berbagi ide dengan klien, cukup bentangkan layar pada posisi flat. Sehingga tak perlu repot bergantian.

Tak cukup sampai di situ, laptop ini dibekali desain fisik yang memudahkan penggunanya untuk lakukan maintenance. Misal ketika ingin mengupgrade beberapa komponen utama seperti memori RAM dan penyimpanan,  tak perlu repot membuka seluruh bagian laptop. 

Dibekali Fitur Keamanan Berlapis

Salah satu alasan kenapa para workers wajib melirik laptop besutan yang satu ini adalah karena ia telah dilengkapi dengan fitur keamanan berlapis. Dimulai dari fitur pembaca sidik jari (fingerprint) yang sudah terintegrasi dengan Windows Hello. Dengan fitur keamanan ini, akses penggunaan laptop tentu hanya dimiliki oleh penggunanya seorang diri.

Pada aspek keamanan-cum-keterjagaan privasi penggunanya, ASUS tak luput membekali seri ExpertBook satu ini dengan fitur privacy shield pada bagian kamera. Fitur ini hanya bisa diaktifkan secara manual oleh pengguna, sehingga tidak dapat diretas oleh siapapun.

Tak hanya itu, untuk menambah lapisan keamanannya, ExpertBook B1400 dilengkapi dengan Trusted Platform Module (TPM) 2.0. Sebuah chip khusus untuk kebutuhan enkripsi data di dalam laptop. Dengan chip ini memungkinkan data akan selalu aman. Karena data tidak dapat diakses meski SSD atau HDD yang ada di dalamnya dipindahkan ke perangkat lain.

Dibekali Fitur AI Noise-Canceling Audio

Untuk menunjang mobilitas produktif penggunanya, terutama terkait kelancaran komunikasi dalam urusan bisnis, ASUS membekali seri ExpertBook satu ini dengan teknologi AI noise-canceling audio yang terwujud dalam ClearVoice Mic dan ClearVoice Speaker.

Baca Juga  Cara Masuk BIOS ASUS Windows 10 dan Windows 11

Di dalam fitur ClearVoice Mic terdapat empat mode yang bisa digunakan. Mode normal, basic, single presenter, dan multi-presenter. 

Misal ketika penggunanya mengaktifkan mode single presenter, teknologi AI noise cancelation akan menyaring berbagai kebisingan di latar belakang. Hanya suara orang di depan laptop saja yang diperjelas.

Untuk mode multi-presenter memungkinkan sistem menangkap sinyal suara dari beberapa orang sekaligus yang berada di depan laptop. Uniknya, suara yang dihasilkan berada pada volume yang sama.

Adapun fitur ClearVoice Speaker berfungsi sebagai filter atas semua kebisingan sekitar. Kecuali suara manusia.

Performa ASUS ExpertBook B1400

Performa adalah aspek terpenting untuk sebuah laptop bisnis. Karena itu, di sisi CPU ASUS membekali laptop yang satu ini dengan prosesor berbasis 11th Gen Intel® Core™. Tersedia setidaknya 3 opsi varian:

  • 11th Gen Intel® Core™ i7-1165G7 Processor (12M Cache, up to 4.70 GHz)
  • 11th Gen Intel® Core™ i5-1135G7 Processor (8M Cache, up to 4.20 GHz)
  • 11th Gen Intel® Core™ i3-1115G4 Processor (6M Cache, up to 4.10 GHz)

Ketiga opsi varian prosesor tersebut tentu sangat mampu untuk menangani kebutuhan bisnis dan penggunaan sehari-hari penggunanya.

Di bagian olah grafis, laptop ini mengandalkan integrated graphics baru Intel Iris Xe, dan discrete graphics NVIDIA GeForce MX330. Ditopang dengan dua pilihan kapasitas RAM DDR4, yaitu 4GB dan 8GB.

Di sektor penyimpanan, ExpertBook B1400 dilengkapi dengan sistem dual-storage yang menggabungkan kecepatan SSD dan kapasitas penyimpanan data yang luas HDD. Keduanya mencakup slot PCIe 3.0 NVMe M.2 yang mendukung hingga 1 TB M.2 SSD dan slot STD 2.5” SATA HDD dengan kapasitas maksimum 2 TB.

Untuk menunjang performa, laptop ini juga telah dilengkapi fitur bernama ASUS Intelligent Performance Technology (AIPT). Teknologi ini mampu mengombinasikan sistem pendingin dan berbagai sensor untuk mengoptimalkan performa atau daya tahan baterai. Sehingga memungkinkan prosesor berjalan hingga TDP 30W secara terus menerus guna memenuhi kebutuhan komputasi yang lebih berat.

Di samping mode performance, juga terdapat mode balanced untuk tugas sehari-hari yang butuh performa konsisten namun tetap irit daya. Selain itu, terdapat pula mode whisper yang akan membatasi putaran kipas, yang cocok untuk keperluan ringan yang tidak memerlukan daya komputasi besar seperti browsing, menonton video, dan membuat laporan. Uniknya, untuk berpindah antar mode, pengguna cukup menekan kombinasi tombol Fn + F atau lewat aplikasi MyASUS di pengaturan hardware.

Terdapat Fitur NumberPad 2.0

Fitur NumberPad 2.0 menjadi daya tarik lain dari laptop besutan ASUS satu ini. Fitur berupa keypad numerik dengan LED-illuminated yang terintegrasi pada touchpad ini tawarkan kemudahan input data.

Menariknya, pengguna cukup menyentuh sensor di kanan atas touchpad untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya. Sementara untuk memilih salah satu dari dua tingkat kecerahan, penggunanya cukup sentuh ikon di kiri atas touchpad

Selain itu, pengguna juga dapat mengakses aplikasi kalkulator dengan cepat. Caranya usap dari ikon kiri atas ke segala arah pada NumberPad.

Konektivitas ASUS ExpertBook B1400

ExpertBook B1400 dilengkapi dengan berbagai opsi konektivitas port I/O yang sangat lengkap. Misal pada bagian kanan bodi terdapat slot Kensington Lock yang berfungsi untuk mengikat/mengunci laptop sehingga terhindar dari kehilangan karena pencurian. Lalu terdapat port LAN gigabit RJ-45, satu port USB 2.0 Type-A, combo audio jack 3,5 mm, dan microSD card reader.

Sedangkan pada sisi kiri terdapat port DCIN untuk mengisi daya, Thunderbolt 4, VGA D-Sub, HDMI, dan dua port USB 3.2 Gen 2 Type-A. Uniknya, Thunderbolt 4 tak hanya hadir sebagai fasilitas transfer data berkecepatan tinggi hingga 40 Gbps. Namun juga dapat digunakan sebagai display output hingga dua monitor 4K. Bahkan bisa dijadikan fasilitas pengisian daya cepat melalui fitur USB Power Delivery.

Di lini konektivitas nir kabel terdapat Bluetooth 5.1 dan WiFi 6 (802.11 ax) yang menawarkan kecepatan hingga 2,4 Gbps. Didukung teknologi WiFi Master dengan fitur WiFi SmartConnect dan WiFi Stabilizer yang memungkinkan laptop dapat terkoneksi dengan router yang memiliki kualitas sinyal paling baik secara otomatis, jangkauannya lebih luas, serta dapat mengingat hotspot seluler yang Anda sambungkan dan memprioritaskan koneksi ke sana saat terdeteksi.

Simpulan

Dibandingkan dengan laptop mainstream, seri ASUS ExpertBook yang satu ini memang tawarkan berbagai kelebihan. Utamanya aspek keamanan yang lebih kuat, termasuk desain tangguh sehingga dapat digunakan sebagai laptop operasional dalam jangka waktu yang lama dengan konektivitas port I/O yang sangat lengkap.

Selain itu, komponen di dalam ExpertBook B1400 juga dapat dikonfigurasi lebih lanjut untuk memenuhi persyaratan kinerja, keamanan, dan budget. ASUS ExpertBook B1400 hadir dalam berbagai varian dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp. 9.703.000.

Artikel Terbaru

Ini Dia 10 Perusahaan Terbesar Di Indonesia

Salah satu cara untuk mengetahui kondisi perekonomian suatu negara...

Rekomendasi Laptop Untuk Desain Grafis Tahun 2023

Laptop untuk desain grafis semakin populer digunakan oleh para...

Cara Membuat Jadwal Zoom Meeting Di Laptop

Jika kamu berencana mengadakan meeting atau belajar memakai Zoom,...

Cara Ganti Foto Profil Zoom Di Laptop

Kalau kamu sering menggunakan Zoom apalagi jika untuk kegiatan...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here